You are here
Home > Berita Nasional >

Cara Mengatasi Sejumlah Masalah Laptop Tidak Bisa Koneksi Wifi

Laptop Tidak Bisa Koneksi Wifi
Bagikan Artikel Ini

Internet sekarang ini memang telah menjadi sebuah kebutuhan sehari-hari. Terutama saat pandemi Covid-19 menyebar hingga membuat berbagai kegiatan dialihkan melalui virtual. Hal itu secara tidak langsung membuat pemakaian Internet menjadi lebih meningkat beberapa kali lipat. Namun sejumlah kendala bisa saja terjadi seperti laptop tidak bisa koneksi wifi di waktu yang penting.

Laptop sendiri adalah salah satu sarana yang cukup membantu dalam menjalankan berbagai keperluan. Mulai dari kebutuhan untuk bekerja sampai dengan untuk menunjang pendidikan. Sebagian orang merasa kesal dengan keadaan laptop yang tidak mampu terhubung dengan jaringan wifi. Namun jangan khawatir berikut beberapa cara untuk mengatasi permasalahan tersebut:

1. Memeriksa Jaringan

Tempat yang bisa dikunjungi untuk melakukan pengecekan jaringan internet apakah tersambung atau tidak yaitu di notification area icons. Biasanya lokasinya di sebelah pojok bagian kanan bawah. Pengguna bisa melihat apakah terdapat tampilan ikon berlambang tanda seru berwarna kuning? Jika iya berarti hal tersebut dapat menandakan bahwa laptop tidak tersambung dengan internet.

Untuk mengatasi hal demikian terdapat sejumlah langkah yang dapat diikuti oleh pengguna. Pertama masuk di menu start lalu pilih menu dengan nama control panel dan pilih lagi tulisan networks and Internet. Di sini pengguna akan disediakan beberapa pilihan untuk melakukan pengaturan serta pembenahan.

2. Dikarenakan Permasalahan Limited Access

Langkah yang perlu ditempuh pengguna ketika laptop tidak bisa koneksi wifi sebab keadaan Limited Access ada beberapa tahapan. Pertama tidak jauh dari pengaturan sebelumnya, yaitu harus masuk terlebih dahulu di menu start kemudian lanjutkan pergi ke control panel. Setelah itu buka jendela bagian network and internet. Baru pengguna bisa memilih ikon network and sharing center.

Di dalam menu tersebut pengguna akan disajikan sejumlah informasi. Sementara pada menu dengan nama manage wireles networks memuat sejumlah data cache atas wifi yang sempat dipergunakan sebelumnya. Pengguna bisa melakukan penghapusan atas cache tersebut.

3. Mengatasi Keadaan Unidentified

Apabila pengguna mengalami masalah laptop yang terhubung dengan hotspot namun tetap tidak dapat dipergunakan untuk Internetan. Maka bisa jadi laptop terdapat masalah pada bagian notification area. Jika pengguna menjumpai tulisan Unidentified network berarti hal itu merupakan salah satu pertanda.

Bahwa keadaan laptop tidak mempunyai kemampuan untuk melakukan penerimaan terhadap IP Address maupun DNS Server. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan klik pada menu wifi pada laptop. Kemudian pilih disconnect lalu lakukan connect kembali.

4. Masalah Driver Network

Ketika pengguna melakukan cara sebelumnya dengan mengakses wifi tidak berhasil maka dapat menerapkan langkah yang satu ini. Dikarenakan kemungkinan kerusakan bisa datang dari bagian driver network.

Alternatif cara pengatasan atas masalah ini adalah dengan mengklik start lalu lakukan klik kanan pada my computer kemudian pilih manage. Selanjutnya pengguna bisa memilih device manage dan juga network adapters.

5. Instal Ulang Driver

Pilihan lain untuk menanggulangi permasalahan atas laptop yang tidak bisa terhubung wifi adalah dengan mengunduh drive ulang. Pertama pengguna bisa membuka menu pada File Explorer. Lalu lakukan klik pada bagian This PC dan pilih manage. Pengguna dapat pergi ke system properties lalu klik ikon bertuliskan device manager.

Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi berbagai masalah laptop tidak bisa koneksi wifi dikala keadaan yang cukup penting. Ulasan di atas bisa menjadi pengetahuan jika pengguna mengalami kesulitan untuk menghubungkan laptop dengan jaringan internet. Pasalnya kemungkinan masalah dapat berasal dari bagian tertentu dari komputer.

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top