You are here
Home > Berita Nasional >

Dampak Bahayanya Tindakan Body Shaming Untuk Kesehatan Mental Seseorang

Body Shaming
Bagikan Artikel Ini

Sekarang ini para pelaku penghinaan dan juga pencemaran nama baik dapat dijerat dengan undang-undang yang ada. Oleh karena itu tindakan body shaming dilarang baik dilakukan lewat media sosial maupun ruang publik sekalipun. Tidak lain dampak yang terjadi pada korban akibat hal tersebut dapat mengganggu pola makan. Dengan berupa takaran yang lebih banyak maupun sebaliknya, sampai dengan gangguan mental.

Biasanya penghinaan yang dilakukan mengenai bentuk tubuh dari seseorang. Pasalnya sebagian orang memiliki anggapan bahwa hal tersebut merupakan sebuah candaan semata. Padahal tanpa disadari oleh pelaku bahwa hal itu dapat memicu timbulnya dampak kurang baik terhadap seseorang. Berikut informasi tentang adanya penghinaan dari segi fisik seseorang:

Body Shaming Berbahaya

Secara umum suatu tindakan dapat dikatakan sebagai body shaming adalah saat seseorang membuat malu orang lain perihal bentuk tubuh yang dimiliki. Biasanya kejadian semacam ini sering dilakukan dan dialami oleh para kaum hawa. Ditambah lagi akhir-akhir ini perlakuan demikian banyak bermunculan dari media sosial.

Padahal dengan disadari ataupun tidak dampak yang ditimbulkan oleh perkara penghinaan tersebut berakibat buruk bagi korban. Walaupun sebagian hanya menganggap sebagai kegiatan iseng atau bercanda saja. Bahkan kesehatan mental seseorang dapat terganggu akan adanya penghinaan semacam itu. Memang pada awalnya hanya rasa malu, akan tetapi jika hal tersebut berlarut-larut seseorang bisa saja menganggap dirinya tidak berguna.

Bentuk Gangguan

Pada mulanya gangguan yang hadir memang tidak seberapa, seperti perasaan malu yang dialami oleh korban. Namun pada tingkat tertentu perilaku body shaming juga bisa berakibat pada gangguan mental sebagai berikut:

1. Anoreksia

Ini menjadi salah satu dampak karena tindakan penghinaan yang dilakukan oleh seseorang. Jenis gangguan pada mental ini memang sudah tergolong ekstrem yang hadir dikarenakan keinginan untuk membuat jumlah berat badan menjadi turun.

Pemicunya tidak lain adalah sebab perlakuan buruk yang diberikan oleh seseorang terhadap penampilannya. Alhasil korban yang mengalami hal ini berusaha dengan sangat keras agar berangkat badan yang ada bisa turun dan tubuh jadi kurus. Apabila mengalami gangguan Anoreksia, korban bisa menjalani perawatan bersama dengan psikiater ataupun terapis.

2. Binge Eating Disorder

Biasanya gangguan satu ini terjadi pada orang yang memiliki tubuh yang terlalu kurus. Hingga keadaan demikian membuat seseorang mengkonsumsi berbagai macam makan dengan takaran yang berlebihan. Tujuan orang yang menderita gangguan mental ini adalah bagaimana agar berat tubuhnya dapat meningkat secara cepat.

Selain hal itu juga supaya orang tidak melakukan penghinaan terhadap bentuk tubuhnya yang kurus dan tidak berisi. Untuk mengatasi gangguan ini bisa melalui konsultasi pada psikiater atau bisa juga lewat psikolog.

3. Depresi

Orang yang menjadi korban dari tindakan penghinaan bisa juga mengalami gangguan mental berupa depresi. Biasanya gejala yang hadir berupa perasaan cemas berlebihan yang ditambah dengan ketakutan serta tingkat kekhawatiran yang lumayan besar.

Bahkan jika sudah semakin parah seseorang bisa saja kehilangan akan semangat, gairah ataupun harapannya untuk hidup. Hingga berawal dari hal tersebut seseorang bisa juga mempunyai keinginan untuk mengakhiri hidupnya sendiri.

Itu tadi pembahasan mengenai pengaruh dan dampak dari tindakan body shaming yang belakangan kerap terjadi. Ulasan di atas menunjukkan bahwa kesehatan mental juga penting untuk dijaga selain dari kesehatan fisik itu sendiri. Apabila muncul gejala dari gangguan tersebut korban bisa berkonsultasi ataupun berdiskusi dengan seorang psikolog, terapis ataupun psikiater.

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top