You are here
Home > Berita Nasional >

Daftar Manfaat Tempe Untuk Kesehatan Tubuh Orang Yang Mengkonsumsinya

Manfaat tempe untuk kesehatan
Bagikan Artikel Ini

Tempe adalah jenis bahan makanan dengan penggemar yang cukup banyak dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain harga yang ditawarkan lumayan terjangkau, rasa yang dimiliki oleh tempe tergolong enak dan gurih. Meskipun harganya murah, namun manfaat tempe untuk kesehatan tidak bisa dipandang remeh. Mulai dari menurunkan kadar gula di dalam darah hingga mencegah terjadinya Osteoporosis.

Diketahui bahwa tempe asalnya memang dari negeri tercinta Indonesia. Bahan dasar yang dipergunakan adalah kacang kedelai yang diproses dengan cara fermentasi. Makanan ini cukup mudah dijumpai di manapun, mulai dari penjual kaki lima hingga rumah makan. Selain itu olahan dari makanan ini juga cukup beragam, seperti sambel goreng dan lainnya. Berikut jajaran manfaat ketika mengkonsumsi tempe bagi tubuh:

1. Menurunkan Gula Darah

Daftar pertama dari manfaat tempe untuk kesehatan adalah dapat menurunkan atau menjaga konsentrasi gula yang terdapat pada darah. Tempe ataupun jenis makanan lain yang terbuat dari bahan kacang kedelai mempunyai kandungan zat bernama isoflavon serta serat.

Untuk itu tempe dinilai mampu melakukan kontrol terhadap tingkat kestabilan darah serta melakukan perbaikan pada resistensi insulin. Oleh karena itu makanan ini baik dikonsumsi bagi penyandang diabetes yang tergolong pada tipe II. Serta bisa juga dipergunakan untuk membantu penurunan resiko penyakit diabetes.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat lain yang bisa diperoleh ketika memilih untuk mengkonsumsi tempe yaitu sistem kekebalan pada tubuh bisa lebih meningkat. Hal ini dikarenakan oleh proses pembuatan tempe itu sendiri. Dimana penggunaan ragi yang dicampurkan pada kedelai sewaktu berlangsung proses fermentasi bisa membentuk sejumlah senyawa.

Misalnya saja seperti asam fitat dan juga beberapa bakteri baik salah satu diantaranya yaitu probiotik. Diketahui bahwasanya probiotik ini memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Misalnya saja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Mencegah Kanker

Penyakit ini disebabkan oleh keadaan dimana terdapat sejumlah sel yang tidak normal dan terus mengalami mutasi. Kejadian semacam ini memungkinkan hadirnya jaringan yang dapat bersifat merusak pada jaringan dari sel yang sehat lain.

Konsumsi tempe dapat mencegah kanker karena ditunjang dengan kandungan polifenol beserta isoflavon yang terdapat di makanan tersebut. Kedua senyawa tersebut memiliki tugas untuk menghambat proses terjadinya produksi pada pembuluh darah sel kanker.

4. Melakukan Perbaikan Sel Tubuh Yang Rusak

Bentuk olahan dari kacang kedelai ini memang termasuk makanan yang mempunyai kandungan protein. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan ukurannya setara dengan yang dimiliki daging. Secara umum protein diperlukan tubuh untuk beberapa kepentingan.

Misalnya seperti melakukan perbaikan dan juga pembangunan pada jaringan maupun sel yang telah mengalami kerusakan. Tidak lain supaya sel tersebut dapat bekerja secara baik lagi. Selain itu nutrisi yang terkandung dalam tempe ternyata lebih berkualitas jika dibandingkan dalam kedelai.

5. Menurunkan Resiko Osteoporosis

Hal ini salah satunya dikarenakan kandungan akan zat kalsium dan juga fosfor yang terdapat pada makanan tempe. Pada umumnya zat tersebut berguna untuk mendukung pertumbuhan tulang serta gigi.

Dengan takaran 100 gram tempe dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan kalsium sebanyak 15 persen, sementara fosfor mencapai 65 persen bagi ukuran anak-anak. Sedangkan untuk dewasa dapat mencegah dari terkena Osteoporosis terutama pada perempuan menopause.

Itu tadi sekilas pembahasan mengenai manfaat tempe untuk kesehatan konsumennya. Ulasan di atas bisa jadi pengetahuan bagi orang yang kerap menyepelekan jenis makanan ini. Padahal gizi dan juga nutrisi yang terdapat di dalamnya tidak main-main. Hingga beragam keuntungan bisa didapatkan orang yang memakannya.

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top