You are here
Home > Teknologi >

Fitur Baru Google Photos Akan Segera Rilis, Ketahui Beragam Manfaatnya

Fitur Baru Google Photos Akan Segera Rilis Ketahui Beragam Manfaatnya
Bagikan Artikel Ini

Fitur baru Google Photos memungkinkan pengguna dapat mengelola penyimpanan file serta video supaya tidak menguras memori ponsel. Langkah ini menyusul adanya penyetopan penyimpanan gratis tanpa batas untuk video serta file pada Google Photos, mulai 1 Juni 2021.

Hal ini sangat membantu pengguna untuk menghapus foto yang tidak diperlukan secara massal. Selanjutnya Google akan mencoba menyortir foto pengguna ke dalam kategori seperti foto buram atau pun tangkapan layar yang lupa dihapus setelah diambil.

Sesuai dengan penjelasan Google, pihaknya mulai meluncurkan alat pada aplikasi Google Photos untuk membantu pengguna dalam mengelola foto serta video yang telah pengguna cadangkan secara lebih mudah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kuota penyimpanan.

Dalam fitur tersebut akan menampilkan foto serta video yang mungkin akan pengguna hapus seperti foto buram, tangkapan layar serta video. Dengan demikian para pengguna dapat memperoleh hasil maksimal dari memori ponsel.

Mengenal Fitur Baru Google Photos

Kehadiran Google Photos memang sangat membantu pengguna smartphone baik Android atau pun iOS, akan tetapi selama ini belum terdapat fitur yang memungkinkan orang lain dapat mengaksesnya, kecuali para pengguna atau pemilik.

Dengan demikian, foto yang tersimpan pada Google Photos dapat diakses oleh semua orang yang akses ke akun Google-nya. Maka semua foto dapat dilihat oleh orang lain. Seperti pada saat pengguna tengah meminjamkan HP ke orang lain untuk menunjukkan foto yang mereka miliki.

Dalam beberapa waktu ini, layanan penyimpanan berbasis Cloud, Google Photos dikabarkan sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna dapat mencari file baru yang berupa video serta foto yang lebih spesifik.

Filter pencarian ini hadir untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna pada saat akan menelusuri file sesuai dengan kriteria jenisnya. Seperti video, foto selfie, screenshot, atau gambar lain yang lebih spesifik.

Selain itu, Google juga akan memberikan perkiraan dipersonalisasi bagi pengguna mengenai berapa lama penyimpanan akan bertahan pada Google Photos

Fitur baru Google Photos tersebut bernama “Locked Folder” atau folder terkunci. Sesuai dengan namanya, fitur ini akan membuat folder yang dilindungi kata sandi, sehingga hanya para pemilik  yang dapat mengaksesnya.

Rencana Peluncuran Fitur Locked Folder

Dengan hadirnya fitur baru Google Photos ini, maka para pengguna dapat menambahkan foto ke Locked Folder. Sehingga setiap kali orang lain akan melihat foto pengguna, foto tersebut tidak akan muncul pada rol kamera pemilik, apabila foto tersebut ditempatkan pada Folder Terkunci.

Dengan demikian, dengan Locked Folder, maka pemilik tidak perlu khawatir akan mengalami adanya momen canggung apapun. Namun, fitur baru ini kemungkinan akan diutamakan pada ponsel Pixelnya.

Perusahaan tersebut mengatakan jika fitur tersebut akan diluncurkan pada handset Pixel mereka terlebih dahulu. Hal ini belum diketahui kapan waktu pastinya sebelum akhirnya akan diluncurkan pada perangkat lain. Hal ini tentunya suatu hal yang sangat menguntungkan bagi para pengguna ponsel Pixel.

Perlu anda ketahui, Locked Folder merupakan salah satu dari beberapa pembaharuan yang dipamerkan Google ada ajang I/O 2021 yang digelar mulai 18 hingga 20 Mei 2021.

Manfaat Hadirnya Fitur Locked Folder

Dengan hadirnya fitur baru Google Photos satu ini mampu menyembunyikan berbagai foto tertentu dengan menggunakan sandi. Apabila pengguna tidak ingin fotonya muncul pada feed atau aplikasi lain, maka dia tinggal memasukkan pada folder baru ini.

Fitur ini sangat berguna untuk mengurangi kecemasan ketika pengguna meminjamkan ponsel kepada orang lain. Seringkali pengguna meminjamkan ponsel karena ingin menunjukkan salah satu foto tertentu, akan tetapi masih merasa khawatir apabila orang lain dapat melihat foto lainnya yang bersifat pribadi.

Foto-foto yang tersimpan pada Locked Folder juga tidak akan muncul pada aplikasi lain yang terdapat pada ponsel. Untuk dapat membukanya, pengguna tinggal menggunakan unlock melalui aplikasi Google Photos dengan menggunakan PIN atau Sensor Sidik jari.

Seperti yang kita ketahui, sebentar lagi Google Photos tidak akan menggratiskan ruang penyimpanannya. Maka untuk kedepannya pengguna mesti berlangganan Google One jika memerlukan adanya kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Dukungan penyimpanan tidak terbatas dari Google Photos akan berakhir pada 1 Juni 2021 mendatang. Sebagai gantinya, Google akan memberikan kapasitas gratis sebesar 15 GB. File foto yang sebelumnya telah tersimpan dalam akun, maka kedepannya dianggap menjadi bagian dari kapasitas gratis 15 GB tersebut.

Sebelum Google memberlakukan pembatasan kapasitas penyimpanan pada Google Photos, pengguna akan memperoleh pemberitahuan pada saat jumlah penggunaan ruang simpan mereka telah mendekati atau bahkan melebihi ambang batas gratisan. Dengan demikian, pengguna dapat menyiapkan diri untuk mencadangkan atau menghapus foto-foto mereka.

Fitur Baru Google Photos dengan Dukungan AI

Sebelum resmi meluncurkan Fitur Locked Folder, sebelumnya aplikasi Google Photos telah berhasil meluncurkan fitur baru yang didukung oleh AI. Fitur baru tersebut disebut dengan Momen Sinematik.

Berdasarkan fitur Momen Sinematik yang telah diluncurkan pada Desember lalu, Google berencana akan menambahkan dukungan untuk fotografi komputasi yang dapat menghidupkan gambar.

Dalam hal ini Google menjelaskan, dalam proses ini pada umumnya ketika mencoba untuk mengambil foto yang sempurna, para pengguna akan mengklik foto yang sama dua hingga tiga kali.

Dengan demikian, algoritma akan menggunakan jaringan syaraf untuk mensintesis gerakan antara dua foto yang hampir identik serta mengisi celah dengan bingkai baru. Hal ini untuk menciptakan gambar bergerak secara jelas. Hal inilah yang disebut dengan momen Sinematik.

Selain itu, Google Photos juga akan memperoleh fitur baru dalam hal kenangan. Aplikasi ini mempunyai dukungan dalam Kenangan Baru untuk berbagai hal di luar foto dari tahun-tahun sebelumnya, momen dengan orang lain serta sorotan baru-baru ini.

Hal ini juga termasuk pada pola visual yang tidak terlalu jelas pada seluruh gambar. Maka pada saat AI menemukan sekumpulan tiga foto atau lebih yang berbagi hal seperti bentuk atau warna. Selanjutnya Google Photos akan lebih mudah menemukan kontrol dalam hal kenangan. Hingga saat ini Google Photos akan menyertakan kontrol untuk menyembunyikan foto orang atau periode waktu tertentu.

Mengingat jika penyimpanan tidak terbatas gratis pada Google Photos akan segera berakhir. Maka kehadiran fitur terbaru Google Potos bernama Locked Folder ini dapat menjadi solusi terbaik bagi pengguna untuk tetap memakai Google Photos .

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top