You are here

Penyakit Mental yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

Penyakit Mental yang Jarang Diketahui Banyak Orang
Bagikan Artikel Ini

Gangguan mental merupakan gangguan yang diderita oleh seseorang sehingga mempengaruhi tingkah laku dan emosi pengidapnya. Gejala yang dialami ada beragam sesuai dengan jenis penyakit mental apa yang dideritanya. Sebagian besar penyakit mental sudah banyak diketahui, Namun ada juga penyakit mental yang jarang diketahui.

Ada banyak gangguan mental. Mungkin anda pernah melihat tindakan aneh yang dilakukan seseorang di luar nalar. Bisa saja orang normal menganggap orang itu terkena gangguan jiwa, namun sebenarnya mereka hanya mengalami kelainan psikologis tertentu.

Berbagai Penyakit Mental yang Jarang Diketahui

Ada berbagai bentuk kelainan mental yang mungkin belum pernah anda lihat maupun dengar. Beberapa diantaranya mungkin pernah anda alami dalam keadaan tidak sadar.

Trichotillomania

Apa anda sering menarik rambut anda? Bisa saja ada sudah terkena gangguan ini. Karena Trichotillomania adalah gangguan mental yang membuat sang pengidap mempunyai rasa ingin selalu menarik rambut. Namun, tidak sampai mengakibatkan kerontokan hingga kebotakan. Seseorang yang terkena gangguan ini tidak dapat menahan rasa ingin menarik rambut di kepalanya.

Gangguan Pola Makan (Eating Disorder)

Penyakit mental yang jarang diketahui selanjutnya adalah eating disorder. Biasanya gangguan ini akan muncul karena berat badan dan makanan yang dimakan. Biasanya pelaku eating disorder ini bisa merubah pola makan karena khawatir dengan berat badannya bertambah walau hanya mengkonsumsi makanan yang sedikit.

Obsessive Compulsive Disorder (OCD)

Ciri orang yang mengidap gangguan ini adalah sering melakukan sesuatu secara berulang-ulang dengan diiringi dengan kecemasan. Misal, memeriksa ruangan hingga 3 kali, bahkan lebih sebelum pergi.

Delusi Cotard/Syndrome Cotard

Ada beberapa orang yang menyebutnya dengan sindrom zombie. Penderita sindrom ini sering merasa mereka sudah mati. Bahkan bisa membuat sang penderita merasa dia hidup abadi.

Pengidap gangguan mental ini akan jauh dari lingkup sosial dan meminta seseorang memperlakukan mereka seperti mayat. Mereka tidak dapat merasakan kehadiran dirinya di cermin dan kerap kali meminta didandani seperti orang mati.

Body Identity Integrity Disorder (BIID)

Penderita akan merasa hidupnya akan lebih nyaman bila ada anggota tubuhnya yang diamputasi. Penderita memang memiliki badan yang utuh namun mereka merasa sendi-sendinya tidak berguna sehingga lebih baik dihilangkan saja.

Delusi Capgras

Penyakit mental yang jarang diketahui yang lainnya Delusi Capgras. Penderita gangguan ini akan berpikir jika orang yang mengobrol dengannya telah dirasuki oleh orang lain. Biasanya kelainan ini terjadi karena benturan atau cedera yang terjadi di otak dan terjadi dalam tiga tahap.

Sindrom Asperger

Sindrom ini masuk dalam bentuk autisme. Namun, yang membuatnya berbeda dalam hal kondisi si penderita memiliki fungsi tubuh yang baik. Kondisi ini membuat penderita kesulitan melakukan komunikasi verbal maupun nonverbal.

Sindrom Savant

Kelainan ini cukup menarik, karena penderitanya dapat disebut cendekiawan. Karena, menunjukan keahlian dalam bidang spesifik tertentu, namun dalam sidang yang normal merekam malah lemah. Sindrom ini biasanya muncul karena cedera otak tertentu.

Kelainan Identitas Disosiatif

Lebih dikenal dengan kepribadian ganda. Penderitanya akan bertindak seperti banyak karakter orang dalam tubuhnya. Dalam kondisi seperti ini merekam akan bertingkah laku dan berfikir seperti orang yang berbeda dalam kesempatan berbeda pula.

Orang yang asli tidak akan mengingat apa yang dia lakukan dan dia katakan ketika dia berada di kepribadian berbeda.

Itu beberapa penyakit mental yang jarang diketahui banyak orang. Kini Anda telah tahu kelainan yang jarang orang ketahui, sehingga anda kan bersikap wajar dan tidak menggap orang yang terkena gangguan seperti itu sebagai orang gila lagi.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top