You are here
Home > Berita Nasional >

Ragam Kuliner Khas Karimunjawa Dijamin Bisa Bikin Ketagihan

Kuliner Khas Karimunjawa
Bagikan Artikel Ini

Daerah Karimunjawa tersohor dengan panorama laut nya, serta destinasi wisata indah lainnya. Tidak hanya menawarkan keindahan destinasi wisata, daerah Karimunjawa juga menawarkan ragam kuliner unik. Ada banyak makanan di Karimunjawa, yang bisa menggugah nafsu makan. Berikut ragam kuliner khas Karimunjawa, yang dapat membuat ketagihan:

1. Bakso Ikan Buntut Kuning

Jika biasanya bakso terbuat dari daging sapi, di daerah Karimunjawa, baksonya dibuat dari ikan buntut kuning. Pasalnya di daerah ini, banyak sekali jumlah ikan buntut kuning nya. Akhirnya masyarakat memanfaatkannya, dan mengolahnya menjadi bakso. Pastinya bakso dari Karimunjawa ini, sangat berbeda dengan bakso biasa.

Rasa ikan ekor kuning yang khas, bercampur dengan kuah kaldu sedap. Dijamin sekali mencicipinya, pasti ingin menambah lagi. Kuliner khas Karimunjawa satu ini, bisa ditemukan dengan mudah. Seperti di alun-alun, dan tempat wisata lainnya. Harganya juga sangat terjangkau, satu porsinya hanya 10 ribu rupiah.

2. Lontong Krubyuk

Selanjutnya ada Lontong Krubyuk. Krubyuk merupakan bahasa Jawa, dan memiliki arti berjalan di genangan air. Maksud dari genangan air disini, ialah kuah dalam hidangan Lontong Krubyuk yang sangat banyak. Sekilas Lontong Krubyuk ini, mirip dengan Soto Ayam. Perbedaannya ada di kuah dan beberapa isian.

Lontong Krubyuk memiliki isian potongan daging ayam semur, tauge, lontong, dan seledri. Setelah itu diguyur menggunakan kuah kaldu, yang sama seperti kuah bakso. Tambahkan kecap manis, serta jeruk nipis untuk pelengkap.

3. Ikan Bakar Srepeh

Berikutnya ada Ikan Bakar Serepeh. Yang menjadikan ikan bakar ini spesial, ialah bumbu Srepeh nya. Bumbu Srepeh merupakan bumbu khas dari Karimunjawa. Biasanya Srepeh digunakan, untuk menjadi bumbu pada ikan bakar. Semua ikan bisa memakai bumbu Srepeh, untuk memperkaya rasanya.

Srepeh sendiri merupakan bumbu tradisional Karimunjawa, yang berasa manis, asin, dan pedas. Ikan apapun yang dibumbui menggunakan Srepeh, akan menjadi sedap dan nikmat. Salah satu kuliner khas Karimunjawa ini, dapat ditemukan di tempat wisatanya.

4. Tongseng Cumi Bumbu Kari

Daerah Karimunjawa dikenal dengan makanan laut nya, Tongseng Cumi Bumbu Kari salah satunya. Biasanya masakan satu ini, dimasak ketika sedang musim berlibur. Yang unik dari kuliner Tongseng Cumi Bumbu Kari, ialah menggunakan bumbu tongseng. Jadi rasanya pedas, gurih, serta manis, khas tongseng.

Dalam seporsi Tongseng Cumi Bumbu Kari terdapat cumi segar, yang diolah menggunakan bumbu tongseng. Cumi segar dipotong-potong, kemudian diolah dengan bumbu tongseng dan bumbu lainnya.

5. Ikan Asin Khas Karimunjawa

Masyarakat daerah Karimunjawa dikenal suka mengolah ikan asin, karena melimpahnya ikan di sana. Rasa ikan asin dari daerah Karimunjawa sangat khas, karena diolah dengan tradisional. Para masyarakat Karimunjawa telah turun-temurun, dalam mengolah ikan asin. Ikan asin khas Karimunjawa, memiliki rasa segar, asin, dan gurih.

Biasanya ikan asin khas Karimunjawa, dijadikan sebagai pelengkap makanan. Seperti nasi goreng, dan makanan lainnya. Selain dimakan langsung, ikan asin khas Karimunjawa juga bisa dibawa pulang, untuk dijadikan buah tangan.

6. Pindang Serani

Kalau ingin makanan yang segar, cobalah Pindang Serani dari Karimunjawa. Masakan atau Kuliner khas Karimunjawa ini, juga menjadi kuliner khas di Jepara. Ciri khas dari Pindang Serani, ialah kuah kuningnya yang sangat segar. Kuah segar nya didapatkan dari campuran berbagai bahan. Seperti belimbing wuluh, tomat, serta kemangi.

Biasanya Pindang Serani, banyak dijual di pinggiran pantai. Jika bermain ke kawasan Karimunjawa, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya. Selain sedap, kuliner daerah Karimunjawa juga sangat terjangkau. Ragam Kuliner khas Karimunjawa tersebut, dijamin dapat membuat ketagihan.

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top