You are here
Home > Berita Nasional >

Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan Lambung dan Lainnya

Manfaat Terong Belanda
Bagikan Artikel Ini

Terong Belanda atau biasa disebut buah Tamarillo, sudah mulai dikenal di Indonesia. Banyak olahan minuman yang menggunakan bahan dasar buah ini. Rasanya yang manis asam memang sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan minuman. Apa sebenarnya manfaat terong Belanda untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut:

1. Baik bagi Kesehatan Sel Mata

Terong Belanda dikenal baik untuk kesehatan sel mata, karena memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Dalam 100 g buah terong Belanda, mengandung 0,32-1,48 g pro vitamin A yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan karetinoid atau provitamin A.

Fungsi vitamin A sendiri sudah diketahui sangat penting bagi tubuh, terutama kesehatan mata. Karetinoid yang akhirnya diubah menjadi vitamin A ini akan menjaga sel-sel pada mata agar tetap sehat. Dengan cara mencegah terbentuknya free radical yang dapat merusak sel retina pada mata.

2. Mengatasi Masalah Susah Buang Air Besar

Buah dan sayur memang sudah dikenal sebagai solusi dari permasalah pencernaan yang satu ini. Susah buang air besar akan menyebabkan siapa pun yang mengalaminya jadi merasa tidak nyaman bahkan bisa menimbulkan rasa mual dan tidak nafsu makan,

Buah Tamarillo disinyalir memiliki kandungan serat yang tinggi, sekitar 1-4,6g serat pangan per 100 gram buah terong Belanda. Kandungan seratnya bisa memenuhi 20% kebutuhan serat dalam sehari, sehingga tidak akan terjadi lagi sembelit atau susah buang air besar.

3. Mengatasi Masalah Sariawan dan Meningkatkan Imunitas

Selain kadar vitamin A dan serat makanan, ternyata kadar asam askorbat (vitamin C) dalam buah terong Belanda ini juga sangat tinggi. Dengan merasakannya saja, sudah bisa diketahui bahwa kadar vitamin C juga tinggi karena rasa buah ini asam.

VItamin C sangat berguna dalam regenerasi sel, mencegah sariawan dan masalah mulut lainnya. Diketahui jika mulut menjadi salah satu pintu masuknya kuman ke dalam tubuh, maka mulut yang sehat secara otomatis meningkatkan imunitas tubuh.

4. Mencegah Kanker

Banyak memang manfaat buah terong Belanda untuk kesehatan tubuh, yang keempat adalah mampu menjauhkan diri dari kanker. Kandungan zat antioksidan yang tinggi di dalam buahnya mampu membantu tubuh melawan bibit-bibit kanker baik dari dalam maupun luar tubuh.

Berbagai antioksidan seperti polyphenol, flavonoid, antosianin dan klorogenat, ada di dalam buah terong ini. Semua zat antioksidan tersebut bertanggung jawab dalam menjauhkan tubuh dari kanker. Mencegah radikal bebas merusak dan menimbulkan kanker di dalam tubuh, sehingga penyakit kanker akan menjauh.

5. Mampu Mencegah Anemia Kurang Fe

Salah satu definisi anemia adalah keadaan seseorang yang kadar sel darah merah di dalam darahnya rendah (kurang dari 9 g/dl). Hal ini bisa terjadi jika seseorang kekurangan protein dan zat besi di dalam asupan makanannya. Kondisi ini akan sangat berbahaya jika dibiarkan tanpa penanganan dan pengobatan, sehingga harus dicegah agar tidak sampai terjadi.

Salah satu pencegahan anemia adalah dengan mengkonsumsi buah terong Belanda. Tamarillo diketahui memiliki kandungan Fe tinggi yang baik untuk anemia. Selain Fe atau zat besi, kandungan vitamin C nya juga bagus untuk mencegah anemia karena vitamin C akan membantu penyerapan zat besi di dalam makanan.

Semua manfaat terong Belanda untuk kesehatan di atas bisa didapatkan jika rutin mengkonsumsi buah ini, caranya bisa dimakan langsung, dijadikan salad, topping kue dan lainnya. Dengan demikian maka akan mendapatkan manfaat yang tidak ternilai dari buah terong Belanda ini.

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top