You are here

7 Hidangan Khas Timur Tengah Populer di Indonesia

Hidangan Khas Timur Tengah
Bagikan Artikel Ini

Bagi pecinta kuliner, salah satu jenis makanan yang tidak boleh luput dari lidah adalah hidangan khas timur tengah. Ciri khas dari masakan timur tengah adalah kaya akan rempah-rempahnya, rempah-rempah tersebutlah yang membuat cita rasa dan bau wangi pada masakan timur tengah ini.

Bagi yang penasaran untuk mencoba masakan khas timur tengah, pecinta kuliner tidak perlu lagi jauh-jauh untuk berangkat ke wilayah timur tengah hanya untuk menyantapnya. Kini, di Indonesia pun sudah banyak tempat-tempat makan yang menyediakan hidangan khas tersebut. Lalu, apa saja jenis hidangan yang tersedia di Indonesia dengan ciri khas timur tengah? Berikut 7 ulasannya.

1. Nasi Kebuli

Salah satu hidangan khas timur tengah yang paling populer di Indonesia adalah nasi kebuli. Sekilas pandang, nasi kebuli ini nampak mirip dengan hidangan nasi goreng biasa yang kemudian diberikan kecap dan aneka lauk lainnya. Namun, tentu sangat berbeda. Makanan ini sangat identik dengan daging kambing dengan taburan rempah yang cukup tajam.

Diketahui, nasi kebuli merupakan hidangan nasional orang Afghanistan. Bahkan, uniknya adalah seorang perempuan baru dikatakan matang untuk dinikahi apabila sudah bisa membuat makanan nasi kebuli ini. Secara bahan, nasi kebuli merupakan perpaduan nasi kukus panjang, wortel karamel kismis, daging domba, almond, dan lainnya.

2. Kebab

Bagi pecinta kuliner, mungkin kebab merupakan bukan makanan yang langka lagi. Kebab kini sudah sangat mudah di temui di kota-kota besar Indonesia, kebab mempunyai arti yakni memanggang. Kebab sejatinya berasal dari Turki saat para tentara memanggang potongan daging yang diburu untuk makanannya. Di Indonesia, kebab tentu disesuaikan dengan lidah orang Indonesia di mana ditambahkan sayuran, saus, bawang.

3. Roti Maryam

Roti Maryam merupakan kue yang berasal dari daerah timur tengah. Makanan ini juga biasa dikenal sebagai kue canai. Roti ini berbentuk pipih dengan tidak menggunakan bahan pengembang. Biasanya, makanan ini dihidangkan sebagai makanan pelengkap atau bahkan makanan pokok, dan paling nikmat jika ditambah saus coklat, keju, dan topping lainnya.

Secara keseluruhan, kue ini bentuknya bundar dan pipih dengan tekstur empuk dan renyah. Di negara seperti Singapura, roti ini disebut dengan nama roti prata. Jadi, bagi yang mengaku pecinta kuliner, harus dan wajib untuk mencoba roti maryam ini.

4. Hummus

Makanan hummus mungkin masih terbilang asing di telinga orang awam. Secara bahasa, kata umum dalam bahasa Arab berarti buncis. Hummus merupakan salah satu hidangan khas Arab yang terbuat dari saus dan buncis yang dimasak dan dihaluskan. Setelahnya, barulah dicampur dengan pasta, minyak zaitun, lemon, bawang dan garam.

5. Fafael

Fafael merupakan jenis makanan sayuran yang tak kalah lezat. Terbuat dari buncis yang digoreng dan ditambah dengan bumbu khas. Makanan ini memiliki latar cerita yang panjang dan unik, sehingga membuat orang penasaran dan ingin mencobanya. Fafael sebenarnya tidak terlalu banyak ditemukan di Indonesia, namun masih ada beberapa tempat tertentu yang menyajikan makanan ini.

6. Koshary

Makanan koshary sebenarnya sungguh pas di lidah masyarakat Indonesia. Pasalnya, bahan pembuatan koshari juga memakai nasi, macaroni, dan jenis kacang. Di Indonesia koshary biasa dihidangkan dalam bentuk salad. Makanan ini umumnya banyak dijumpai di semua restoran mesir dan memiliki harga yang cukup pas di kantong.

7. Samosa

Hidangan khas timur tengah yang terakhir adalah samosa. biasanya, orang akan menganggap bahwa samosa merupakan masakan yang terpopuler di Asia Selatan pada abad 8 terakhir. Tapi sejatinya masakan ini berasal dari Timur Tengah.Masakan ini biasa dinikmati oleh para sultan dan kaisar sampai kepada orang-orang jalanan di negara Pakistan.

Itulah 7 hidangan khas timur tengah yang populer dan bisa ditemukan di negara Indonesia. Jadi, buat para pecinta kuliner, sangat wajib untuk mencoba masakan ini.

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top