You are here
Home > Berita Nasional >

Resep Sayur Bening, Hidangan Segar yang Lezat dan Bergizi

Resep Sayur Bening Hidangan Segar yang Lezat dan Bergizi
Bagikan Artikel Ini

Sayur bening adalah hidangan khas Indonesia yang sangat populer. Hidangan ini terkenal karena kesederhanaannya dan rasa yang segar serta bergizi. Sayur bening biasanya terdiri dari berbagai jenis sayuran yang direbus dengan bumbu-bumbu sederhana, menciptakan hidangan yang sehat dan lezat. Seperti apakah resep sayur bening yang dapat menciptakan hidangan segar nan lezat dan bergizi?

Berikut akan disajikan resep sayur bening yang mudah diikuti dan dapat Anda coba di rumah.

Bahan-Bahan

Berikut adalah daftar bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat sayur bening:

  • 200 gram bayam, siangi dan cuci bersih
  • 200 gram kangkung, siangi dan cuci bersih
  • 2 wortel, kupas dan potong tipis
  • 2 jagung manis, potong menjadi beberapa bagian
  • 1 batang seledri, cuci bersih dan potong-potong
  • 1 batang daun bawang, cuci bersih dan potong-potong
  • 2 buah tomat, potong dadu
  • 1 liter air
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 cm jahe, iris tipis
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Kaldu ayam secukupnya (opsional)

Cara Membuat Sayur Bening

Berikut ini langkah demi langkah cara membuat sayur bening.

Siapkan Sayuran: Cuci bersih semua sayuran yang akan Anda gunakan. Anda bisa menggunakan berbagai jenis sayuran sesuai selera, seperti bayam, kangkung, wortel, jagung manis, dan lainnya.

Tumis Bawang Putih dan Jahe: Panaskan sedikit minyak di dalam panci besar. Tumis bawang putih dan jahe cincang hingga harum.

Tambahkan Air: Tuangkan air ke dalam panci. Anda bisa menggunakan kaldu ayam untuk memberi rasa lebih kaya, tetapi air biasa juga cukup. Biarkan air mendidih.

Masukkan Sayuran: Tambahkan semua sayuran ke dalam panci yang sudah berisi air mendidih. Tambahkan wortel dan jagung terlebih dahulu karena mereka memerlukan waktu lebih lama untuk matang.

Tambahkan Garam dan Gula: Beri sedikit garam dan gula ke dalam panci sesuai selera. Garam akan memberikan rasa gurih pada sayur bening, sementara gula akan menyeimbangkan rasa.

Masak Hingga Sayuran Matang: Masak sayuran hingga mereka menjadi lembut tetapi masih tetap segar. Jangan terlalu lama memasaknya karena kita ingin menjaga kandungan nutrisi di dalam sayur bening.

Tambahkan Tomat dan Daun Bawang: Setelah sayuran hampir matang, tambahkan potongan tomat dan potongan daun bawang. Tomat akan memberikan rasa asam segar yang lezat.

Selesai dan Sajikan: Setelah semua bahan matang, cicipi sayur bening dan sesuaikan rasa jika perlu dengan menambahkan garam atau gula. Angkat panci dari api dan hidangkan sayur bening dalam mangkuk besar. Anda juga bisa menambahkan seledri potong di atas sayuran sebagai hiasan.

Sayur bening adalah hidangan yang mudah dibuat, sehat, dan lezat. Ini merupakan cara yang baik untuk mendapatkan porsi sayuran yang cukup dalam diet Anda. Cobalah resep sayur bening di atas dan nikmati hidangan segar yang bisa dinikmati bersama nasi hangat atau sebagai sup ringan. Jangan ragu untuk menyesuaikan resep dengan sayuran favorit Anda atau menambahkan protein seperti udang atau daging ayam untuk variasi yang lebih kaya nutrisi. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Top