You are here
Home > Berita Nasional >

5 Kebiasaan yang Dapat Menimbulkan Lingkaran Hitam di Bagian Bawah Mata

5 Kebiasaan yang Dapat Menimbulkan Lingkaran Hitam di Bagian Bawah Mata
Bagikan Artikel Ini

Lingkaran hitam di bawah mata menyebabkan penampilan menjadi kurang maksimal dan menjadikan kita kerap kurang percaya diri. Lingkaran hitam yang kerap disebut dengan mata panda umumnya muncul karena kebiasaan begadang dan minimnya waktu tidur. Walau demikian, nyatanya begadang bukanlah satu-satunya penyebab timbulnya mata panda. Pasalnya, ada beberapa  kebiasaan lainnya yang ternyata juga dapat menyebabkan bagian bawah mata menggelap. Apa saja kebiasaan yang dapat menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata?

Mengutip dari beragam sumber, berikut 5 kebiasaan yang dapat menimbulkan lingkaran hitam di bagian bawah mata.

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam dan Kafein

Bila Anda merasa waktu tidur Anda telah cukup, namun lingkaran hitam di bagian bawah mata justru sering muncul. Kemungkinan ini dikarenakan oleh faktor lainnya, seperti makanan. Kenyataannya, makanan tertentu yang memiliki kandungan kadar garam (natrium) dan kafein tinggi akan merangsang munculnya mata panda.

Berhubungan dengan hal ini, maka Anda dapat atasi dengan memakai produk perawatan yang memiliki bahan niacinamide. Riset yang dirilis dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology memperlihatkan bahwa niacinamide bisa membantu mencerahkan kulit dan memulihkan tekstur kulit.

2. Kebiasaan Menatap Layar

Menatap layar TV, komputer, atau HP dalam jangka waktu lama, ternyata juga dapat membuat munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Hal ini lantaran benda-benda itu menyebabkan mata menjadi tegang sehingga pembuluh darah di seputar mata membesar. Alhasil, tidak perlu heran bila kulit di bagian mata jadi lebih gelap.

3. Kebiasaan Tidur Miring

Untuk sebagian besar orang, tidur dengan posisi miring memang lebih nyaman ketimbang terlentang. Tetapi siapa sangka, hal yang dianggap sepele ini dapat menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata. Posisi tidur yang miring atau tengkurap menyebabkan mata lebih tegang.

Dengan demikian disarankan untuk tidur dalam posisi terlentang. Anda pun dapat mempertimbangkan untuk menggunakan tambahan bantal. Keadaan ini memungkinkan kepala terangkat yang bisa menjadikan cairan menjauh dari kelopak mata dan kemudian mengakibatkan efek bengkak di bagian bawah mata.

4. Menggosok Mata

Kebiasaan selanjutnya yang dapat menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata yakni karena Anda  terlampau kerap menggaruk atau menggosok mata. Pada dasarnya kulit di bagian mata memang amat tipis sehingga jauh lebih peka. Oleh sebab itu hentikan kebiasaan ini.

Rutinlah menerapkan mentimun di bagian itu untuk menjaga supaya area bawah mata tetap cerah. Hal ini tentu saja amat bermanfaat untuk memberikan efek dingin dan sejuk sehingga akan menjadikan area mata terlihat lebih segar.

5. Terkena Paparan Sinar Matahari

Dalam kesehariannya setiap orang tentunya rentan terkena paparan sinar matahari. Meskipun sinar matahari menjadi sumber vitamin D yang diperlukan oleh tubuh. Tetapi tidak bisa dimungkiri bahwa ada beberapa efek buruk dari sinar matahari. Salah satu di antaranya bisa mendorong munculnya lingkaran hitam di bagian bawah mata.

Untuk itu pastikan Anda senantiasa memakai sunscreen supaya kulit Anda tetap terjaga. Di samping itu, upayakan juga untuk mengenakan kacamata hitam setiap akan melakukan aktivitas di luar ruangan.

Demikianlah 8 kebiasaan yang dapat menimbulkan lingkaran hitam di bagian bawah mata. Hindarilah sejumlah kebiasaan itu bila tidak ingin mengalami mata panda.

Leave a Reply

Top