You are here

Bentuk Apresiasi Negara Untuk Medalist Olimpiade Tokyo 2020 Antar Negara

Apresiasi Negara Untuk Medalist
Bagikan Artikel Ini

Keberadaan ajang olahraga bergengsi Olimpiade yang berlangsung di negara Jepang beberapa waktu lalu mengeluarkan sejumlah pemenang dengan tiga medali berbeda. Tak heran jika atlet yang menang tersebut akan mendapatkan sejumlah uang, properti dan lainnya. Sebagai bentuk apresiasi negara untuk medalist Olimpiade supaya bisa menjadi penambah semangat juang para atlet.

Bisanya besaran apresiasi yang diberikan akan tergantung dengan jenis medali yang berhasil didapatkan oleh sang atlet. Dimana pemberian hadiah tersebut di masing-masing negara memang berbeda-beda. Bagi yang ingin mengetahui seperti apa bentuk apresiasi dari sejumlah negara bagi atlet yang berhasil membawa pulang medali, berikut ulasannya:

1. Indonesia

Negara tercinta Indonesia diketahui memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi negara untuk medalist Olimpiade melalui pihak Kemenpora. Berupa uang tunai dengan nominal 5 miliar rupiah bagi atlet peraih medali emas dalam ajang Olimpiade tersebut. Sementara itu bagi atlet yang berhasil mendapatkan medali perak akan memperoleh hadiah uang tunai sebesar 2 miliar rupiah.

Serta peraih medali perunggu dengan jumlah sebesar 1 miliar rupiah. Perolehan medali tersebut tidaklah mudah sehingga hadiah yang diberikan juga lumayan besar. Nominal tersebut belum ditambah dengan bonus yang diberikan oleh pihak lain seperti yang datang dari Menteri Kominfo dan lainnya.

2. India

Berdasarkan hasil pengumuman yang dilakukan oleh pihak IOA atau yang merupakan kepanjangan dari Indian Olympic Association. Menyebutkan bahwa hadiah yang akan diberikan oleh negara India kepada sejumlah atlet peraih medali emas dalam kejuaraan Olimpiade Tokyo kemarin. Besaran nominalnya mencapai angka INR 7,5 juta atau setara dengan 1,4 miliar rupiah.

Sedangkan untuk atlet yang berhasil membawa pulang medali perak akan diberikan hadiah dengan nominal INR 4 juta yang jika dirupiahkan akan sama dengan 779 juta rupiah. Untuk peraih medali perunggu sebesar INR 2,5 juta atau 486 juta rupiah. Bentuk hadiah yang diberikan tidak hanya sebatas itu saja, melainkan pihak dari penasihat juga turut memberikan uang saku dengan jumlah USD 50 atau 724 ribu rupiah.

3. Filipina

Atlet dengan nama Hidilyn Diaz diketahui sebagai peraih medali emas pertama untuk negara Filipina dalam ajang kejuaraan Olimpiade kemarin. Atlet ini merupakan atlet yang berjuang dalam cabang olahraga angkat besi. Menurut kabar yang beredar Diaz mendapatkan uang tunai dengan jumlah USD 660.000 atau setara dengan 9,5 miliar rupiah.

Hadiah ini masih ditambahkan dengan hadiah lainnya seperti rumah, kemudian kondominium serta properti lainnya. Belum lagi ditambah dengan sejumlah pejabat yang juga ingin memberikan hadiah kepada sang atlet.

4. Hong Kong

Negara keempat yang ikut memberi apresiasi terhadap atlet yang mendapat medali di ajang Olimpiade kemarin adalah Hong Kong. Dengan nominal yang jumlahnya mencapai HKD 5 juta jika dalam bentuk rupiah lebih kurang setara dengan 9,3 miliar rupiah untuk peraih medali emas.

Sedangkan untuk atlet yang berhasil mendapatkan medali perak, besar hadiah yang diberikan yaitu mencapai HKD 2,5 juta atau sama dengan 4,6 miliar rupiah. Serta yang terakhir untuk peraih medali perunggu akan diganjar dengan uang tunai HKD 1,5 juta atau 2,7 miliar rupiah.

5. China

Untuk negara yang satu ini mungkin sedikit berbeda dari sejumlah negara sebelumnya dalam memberikan bentuk hadiah. Dimana atlet peraih medali emas akan memperoleh apresiasi dengan mendapatkan hadiah berupa sebuah kendaraan yang berharga fantastis. Dimana mobil tersebut adalah berjenis limosin yang banyak dikenal dengan kendaraan berkelas nan mewah.

Demikian pembahasan mengenai bentuk apresiasi negara untuk medalist Olimpiade yang diberikan kepada para atletnya. Dimana memang kisaran serta bentuk hadiah setiap negara tidak sama. Bahkan nominal tersebut belum mencangkup tambahan hadiah dari sejumlah pihak. Hingga bisa dibilang atlet yang bisa membawa pulang medali akan banjir hadiah.

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top