You are here
Home > Berita Nasional >

6 Pilihan Makanan Sumber Protein Murah dan Mudah Didapat

Makanan Sumber Protein Murah
Bagikan Artikel Ini

Protein menjadi salah satu jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Zat gizi ini berperan penting dalam pembentukan sel tubuh. Ada beragam jenis makanan sumber protein murah dan mudah didapat. Berikut adalah 6 pilihan jenis bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan mudah diperoleh:

1. Tempe

Bahan makanan yang satu ini merupakan sumber protein nabati yang sangat populer di kalangan masyarakat. Tempe sangat mudah untuk didapatkan dan harganya pun juga terjangkau. Sumber protein ini juga punya rasa yang enak dan mudah untuk dikreasikan menjadi berbagai jenis menu makanan.

Dalam 100 gram tempe diketahui terdapat protein sebanyak 18 gram. Bahan makanan ini tak hanya bisa dijadikan lauk pendamping nasi tapi juga sering disajikan sebagai camilan. Tempe juga biasa dijadikan sebagai sumber protein bagi masyarakat yang memilih pola makan vegetarian.

2. Telur

Pilihan bahan makanan berikutnya yang juga mengandung banyak protein adalah telur. Telur merupakan sumber protein hewani yang sangat mudah untuk didapatkan. Harganya pun juga terbilang terjangkau dan cocok untuk dikonsumsi sebagai sumber protein harian. Bahan makanan ini juga biasa dijadikan sebagai sumber protein hewani untuk balita yang baru mulai belajar makan.

Telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, khususnya di bagian putih telur. Dalam 100 gram putih telur diketahui ada 11 gram protein. Sementara itu bagian kuning telur juga memiliki kandungan protein namun konsumsinya harus dibatasi. Kuning telur memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dan sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari 2 butir setiap hari.

3. Kacang Hijau

Pilihan makanan sumber protein murah berikutnya adalah kacang hijau. Bahan makanan ini juga sangat akrab dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kacang hijau diketahui mengandung protein nabati yang sangat tinggi. Dalam 100 gram kacang hijau diketahui terdapat 6 gram protein. Bahan makanan ini juga sangat mudah didapatkan dan harganya pun terbilang terjangkau.

4. Dada Ayam

Daging ayam juga tergolong sebagai sumber protein yang cukup mudah didapatkan. Meskipun kadang harganya melambung tinggi, namun rata-rata harga daging ayam masih bisa dijangkau oleh masyarakat. Bagian yang diketahui memiliki protein tertinggi adalah dada ayam.

Bagian dada ini memiliki kandungan lemak yang paling sedikit namun proteinnya sangat tinggi. Dada ayam juga sangat disarankan untuk diberikan kepada anak-anak di masa pertumbuhan. Satu dada ayam bisa mengandung 53 gram protein. Pengolahannya juga harus diperhatikan agar benar-benar matang.

5. Tahu

Berikutnya ada tahu yang juga menjadi salah satu makanan andalan di Indonesia. Tahu merupakan sumber protein nabati yang harganya murah dan sangat mudah untuk ditemukan. Dalam 100 gram tahu diketahui terdapat 8 gram protein. Tahu pun sangat mudah untuk diolah dan bisa disajikan menjadi beragam jenis menu makanan lezat.

6. Kacang Tanah

Sumber protein tinggi juga bisa ditemui di kacang tanah. Bahan makanan satu ini seringkali dijadikan sebagai camilan favorit bagi masyarakat Indonesia. Kacang tanah juga bisa dijadikan sebagai salah satu bahan untuk mengolah berbagai menu makanan. Dalam 100 gram kacang tanah diketahui terdapat 26 gram protein. Kacang tanah sangat mudah ditemui di pasaran dan harganya juga terjangkau.

Sangat penting untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari. Pilihan bahan makanan sumber protein murah ini bisa dijadikan sebagai bagian dari menu harian. Selain itu, konsumsi juga beragam jenis makanan bergizi seimbang lainnya untuk memenuhi kebutuhan tubuh agar tidak terjadi malnutrisi atau gizi kurang.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top