You are here
Home > Teknologi >

Google Photos Tak Lagi Gratis, Aturan Baru Dimulai Tanggal 1 Juni 2021

Google Photos tak Lagi Gratis Aturan Baru Dimulai Tanggal 1 Juli 2021
Bagikan Artikel Ini

Google Photos tak lagi gratis menjadi berita paling baru saat ini. Sehingga mulai hari ini anda tidak bisa kembali menggunakan layanan untuk menyimpan video maupun foto secara gratis.

Apalagi jika penggunanya telah melewati batas pemakaian hingga 15 GB. Sebenarnya cara ini memang Google sengaja lakukan untuk mendapatkan keuntungan.

Sehingga jika pengguna sudah melebihi batas pemakaian, maka akan berlangganan dengan layanan Google One. Google Photos itu sendiri menjadi tempat penyimpanan awan cadangan atau cloud storage.

Sehingga berbagi foto dari ponsel Android akan lebih mudah. Meski pengguna sudah menghabiskan ruang penyimpanan yang besar bukan menjadi masalah.

Untuk gambar dan video beresolusi tinggi membiarkan pengguna mengirim dari ponsel ke server online. Hal tersebut bisa dilakukan secara gratis.

Layanan yang digunakan ini menjadikan Google Photos menjadi salah satu alat managemen foto paling populer. Penyimpanan Google Photos paling praktis bisa menyortir file berdasarkan foto favorit dan album khusus lain.

Bahkan fitur yang tersedia pun cukup lengkap. Namun, sayangnya saat ini Google Photos tak lagi gratis. Saat ini paket Google Photos dikenakan tarif pemakaian untuk penyimpanan foto dan video.

Fitur Tambahan Google Photos Tak Lagi Gratis

Google Photos kini mulai tanggal 1 Juni 2021 memiliki kebijakan baru. Berita yang beredar jika layanan yang satu ini akan dikenai biaya tambahan.

Kebijakan ini dilakukan karena Google Photos hanya melayani ruang penyimpanan cukup 15 GB saja. Setelah melebihi kapasitas tersebut, maka pengguna harus membayar US$1,99 per bulan.

Hal ini perlu dilakukan agar video dan foto yang sudah tersimpan pada layanan tersebut tidak hilang. Penggunaan kapasitas tambahan tersebut dilakukan agar bisa memenuhi kebutuhan pengguna.

Sebenarnya layanan Google Photos sudah ada sejak tahun 2015 dan memberikan layanan secara gratis. Fitur yang dimiliki mampu mengarsipkan hasil foto dan dirahasiakan secara tertentu.

Sehingga foto dan video bisa disembunyikan dari halaman utama. Paket Google One sebagai fitur tambahan akan dikenai biaya setara dengan Rp 28.550.

Namun, hal tersebut jika dilihat dari pemakaiannya di Amerika Serikat. Dengan penyimpanan 100GB dan berbagai fitur lainnya.

Fitur Sortir Foto

Kebijakan berbayar yang diberikan ini hadir dengan fitur tambahan yang menarik. Sehingga meski Google Photos tak lagi gratis bisa memanfaatkan fitur yang ada.

Fitur sortir foto menjadi bagian yang menarik. Dengan adanya fitur tersebut video yang terlalu besar dan foto blur bisa dicari. Sehingga mampu memaksimalkan ruang penyimpanan yang ada.

Kompresi Foto

Ada juga fitur lainnya yaitu kompresi foto. Di mana dengan adanya fitur tersebut membuat, ruang penyimpanan lebih lega.

Anda bahkan bisa mengunggah foto dengan resolusi asli. Namun, akan lebih memakan banyak tempat dari pada yang terkompresi.

Fitur Merahasiakan Foto

Google Photos tak lagi gratis dengan berbagai fitur tambahan lainnya. Di sini anda juga bisa memanfaatkan fitur merahasiakan foto.

Sehingga anda bisa memanfaatkannya untuk menyembunyikan foto. Foto dapat anda sembunyikan dari halaman utama tanpa harus menghapusnya.

Selain itu, gambar juga bisa diedit langsung pada cloud menggunakan fitur prasetel Google. Layanan ini juga dilengkapi dengan fitur filter otomatis. Sehingga mampu menampilkan hasil gambar terbaik cukup dengan satu klik saja.

Aplikasi Simpan Foto di Android

Google Photos tak lagi gratis menyediakan banyak fitur menarik. Namun, setelah ruang penyimpanan habis, anda dikenai biaya tambahan.

Jika anda tidak menginginkan uang habis dengan cepat, bisa gunakan aplikasi lain. Sebenarnya banyak aplikasi penyimpanan foto gratis lainnya, antara lain:

iCloud

Aplikasi penyimpanan foto dan video yang lain selain Google Photos yaitu iCloud. Layanan ini cloud storage milik Apple yang dapat digunakan untuk penyimpanan berbagai file.

Baik untuk foto maupun video ke media penyimpanan online. Pemilik iPhone dan produk Apple lainnya memiliki akun iCloud gratis akan mendapatkan keuntungan sebesar 5GB.

Kapasitas tersebut juga dapat diperluas hingga 2 TB. Layanan yang ditawarkan iCloud sebesar 50 GB dengan biaya 1 dolar AS atau Rp 14.000/bulan.

Sedangkan untuk 200 GB menghabiskan 3 dolar AS atau Rp 42.000/bulan. Untuk 2 TB dikenakan biaya sebesar 10 dolar AS atau setara Rp 140.000/bulan. Namun, layanan penyimpanan ini berlaku untuk pemilik Apple saja.

Flickr

Layanan penyimpanan foto dan video yang lain yaitu Flickr. Layanan ini telah tersedia sejak 16 tahun lamanya. Sehingga menjadi tempat penyimpanan foto berbasis cloud yang terbaik.

Dengan adanya tambahan eksposur media sosial mempercayakan jika layanan ini cocok untuk fotografer profesional. Sehingga layanan Flickr menjadi pengganti terbaik Google Photos.

Anda bisa menandai berbagai foto serta mengunduhnya dengan berbagai resolusi dan ukuran. Jika anda menginginkan media penyimpanan unlimited masih bisa. Anda cukup siapkan dana sebesar 7 dolar AS atau sebesar Rp 98.000/bulan.

Amazon Photos

Google Photos tak lagi gratis bisa anda gunakan dengan layanan yang lain. Amazon Photos menjadi salah satu solusi terbaik untuk akun Amazon gratis dan Prime berbayar.

Anda bisa gunakan di iOS, Android, macOS, dan Windows. Fitur ini memang bisa dibilang lebih baik jika dibanding dengan Google Photos.

Hanya saja layanan ini hanya menyediakan 5 GB untuk anggota non-prime. Sehingga cocok bagi anda pengguna biasa.

Sedangkan jika dirasa masih kurang anda bisa menambah ruang sebesar 100 GB. Biayanya sebesar 20 dolar/tahun sebanding dengan Google Photos 24 dolar/tahun.

Microsoft One Drive

Jika anda menginginkan ruang penyimpanan cloud yang kuat dan umum, bisa gunakan Microsoft One Drive. Filenya terbatas untuk penyimpanan foto oleh akun, sedangkan mengunggah hampir semua jenis file.

Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan untuk penggunaan layanan tersebut. Untuk harganya sendiri hampir sama dengan Google Photos. Penyimpanan 1 TB yaitu 60 dolar AS/tahun.

Penyimpanan OneDrive 1TB mampu mencakup rangkaian Windows 10 dan alat produktivitas. Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan bonus gratis melalui Skype.

Ruang penyimpanan untuk foto, video, maupun berbagai file memang dibutuhkan. Apalagi banyak sekali pengguna Android yang menyimpan hingga mengunggah berbagai foto dan video ke media sosial.

Untuk bisa memberikan pelayanan memuaskan kini Google Photos tak lagi gratis. Pengguna akan dikenakan tarif biaya jika pemakaian sudah melampaui batas ruang penyimpanan sebesar 15 GB.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top