You are here
Home > Berita Nasional >

5 Sajian Khas Paskah yang Ada di Indonesia

Sajian Khas Paskah
Bagikan Artikel Ini

Perayaan paskah yang ada di Indonesia seakan sudah menjadi tradisi dan mirip dengan perayaan hari keagamaan lainnya.  Di Indonesia tradisi kumpul keluarga dan menyajikan sajian khas Paskah sudah umum dilakukan.

Bahkan makanannya mirip dengan perayaan agama lain, hal ini karena Indonesia memiliki banyak makanan yang khas. Setelah mengikuti acara Paskah, maka bisa menikmati hidangan khas paskah adalah agenda yang wajib dilakukan.

1. Telur Rebus

Sajian Paskah yang satu ini merupakan menu wajib yang ada. Bahkan di Yunani ada telur paskah sampai dihias dengan warna merah. Yang melambangkan darah Yesus sebagai pengorbanan. Di Indonesia sajian telur rebus juga jadi momen kebersamaan dimana anak-anak bisa menghias telur paskah dengan kreasinya.

Anak-anak akan diajak bermain juga dengan mencari telur paskah yang ada disekitar rumah. Telur paskah yang sudah dihias ini jadi sarana bermain bahkan kreativitas anak. Dimana telur yang sudah direbus juga bisa tersaji di meja untuk hidangan pelengkap.

2. Makanan Berkuah

Saat paskah apalagi hari libur, biasanya tradisi orang Indonesia adalah dengan menu berkuah. Tidak hanya momen lebaran saja, opor biasa tersaji pula saat Paskah. Masakan khas nusantara ini bisa jadi sajian paling ditunggu dengan cita rasa yang khas.

Saat Paskah, dimana semua keluarga berkumpul, maka menu opor jadi pilihan menarik untuk santapan hari Paskah. Kuah kuning kental dengan rasa gurih opor menambah selera semua orang untuk makan bersama. Saat Paskah ini juga jadi momen kebahagiaan kumpul bersama keluarga.

3. Jajanan Basah

Jajanan basah merupakan kumpulan jajanan tradisional khas Indonesia yang menjadi sajian khas paskah saat ini. Tidak hanya makanan berat saja melainkan jajanan basah ini juga terhidang di atas meja saat paskah. Seperti lemper, lapis, kue lumpur dan sebagainya  yang menjadi favorit para oranrtua menikmati jajanan tradisional.

Sebuah tradisi di Indonesia dimana setiap perayaan hari keagamaan menyediakan jajajan basah ini. Yiatu jajanan nusantara yang beraneka ragam dengan rasa yang berbagai macam ini. menambah keseruan berkumpul bahagia bersama di hari Paskah dengan keluarga.

4. Kue Kering

Indonesia sangat kaya akan jenis makanan yang tersaji termasuk camilannya, dimana kue kering mendominasi sebagai sajian menarik. Baik momen keagamaan atau momen lainnya. kue kering ini banyak macamnya di Indonesia seperti nastar, putrid salju, kue keju dan sebagainya. Seakan menjadi agenda wajib bahwa harus ada kue kering yang tersaji di atas meja.

Tidak hanya pada saat Paskah saja menjumpai kue kering ini, kala lebaran juga kue kering mendominasi untuk tersaji. Dimana keluarga menikmati kue kering dengan minum the sambil bercengkrama di hari Paskah.  Itulah kenapa kue kering harus selalu ada pada setiap momen hari perayaan, seperti sudh jadi tradisi di Indonesia.

5. Permen

Camilan satu ini wajib ada di hari Paskah, permen manis yang merupakan simbol kebahagiaan bagi anak-anak. Tak bisa dilepaskan begitu saja, dimana permen ini akan menjadi hal yang membahagiakan untuk anak-anak. biasanya saat Paskah tiba anak-anak akan berkunjung dan kunjungan mereka akan mendapatkan permen Paskah tersebut.

Itulah kenapa setiap ada perayaan paskah di negara manapun selalu sedia permen sebagai salah satu camilan yang harus ada. Alasannya adalah anak-anak bisa mendapatkan permen tersebut dengan sangat bahagia. Jadi anak-anak akan memaknai Paskah dengan bahagia, saling member dan merasakan manisnya kasih Tuhan.

Itulah kenapa di Indonesia perayaan Paskah ini menjadi hal yang paling menarik serta haru. Pada perayaan Paskah, semua keluarga bisa berkumpul dan bercengkrama dengan sajian hidangan yang menarik. Hidangan khas nusantara yang tentunya sudah menjadi tradisi turun temurun tersebut.

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top