You are here
Home > Berita Nasional >

Resep Sayur Bening yang Lezat, Mudah dan Sederhana ala Rumahan

Resep Sayur Bening yang Enak Mudah dan Sederhana
Bagikan Artikel Ini

Mengonsumsi sayur adalah salah satu cara mencukupi asupan serat yang diperlukan oleh tubuh. Sayuran dapat diolah menjadi beragam macam hidangan yang lezat sekaligus menyehatkan. Salah satu sajian dari sayur yang lezat dan harus Anda cicipi adalah sayur bening. Resep sayur bening umumnya mudah dan bahan-bahannya juga sederhana.

Paduan beragam macam sayuran sehat yang terdapat dalam sayur bening ini cocok bagi Anda untuk dijadikan lauk sehari-hari. Berikut resep sayur bening  yang lezat, murah dan sederhana ala rumahan yang harus Anda coba.

Sayur Bayam Bening Oyong

Resep pertama yang harus Anda coba ialah sayur bayam bening. Bayam mempunyai kandungan nutrisi tinggi yang bagus bagi tubuh. Anda memerlukan beberapa bahan yang terdiri dari air, garam, gula, bawang putih, pala, merica, oyong, dan bayam untuk membuat sayur ini.

Pertama-tama, potonglah bayam dan oyong terlebih dulu lantas cuci sampai bersih. Letakkanlah pada wadah, lalu merica, bawang putih, dan biji pala dihaluskan sampai halus. Sesudah bumbu halus barulah ditumis sampai mengeluarkan aroma harum kemudian oyong dan daun bayam yang telah dipotong pun dimasukkan. Berilah gula dan garam selaku penyedap rasa. Perbaiki rasa, tunggulah sampai semua bahan matang lantas diangkat dan hidangkan.

Sayur Bening Tanpa Oyong

Masih dengan menggunakan bahan utama bayam, Anda dapat berkreasi dengan memadukannya memanfaatkan sayur lainnya. Pertama-tama, siapkanlah bayam dan tomat selaku isiannya. Untuk bumbu halusnya Anda dapat memakai gula, bawang putih iris, garam, dan bawang merah iris.

Cara pembuatan sayur ini terbilang amat mudah, didihkan air terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai kuahnya. Kemudian bayam yang telah dipotong-potong dimasukkan dan rebuslah hingga melunak. Masukkanlah bumbu halus yang telah dipersiapkan. Terakhir, potongan tomat dimasukkan dan tunggulah sampai matang. Angkatlah dan hidangkan, sayur bening tanpa oyong pun siap disantap.

Sayur Bening Kerang

Ingin lebih variatif? Anda dapat menambahkan kerang selaku isiannya. Langkah pertama, siapkanlah bahan isian yang terdiri jagung manis, bayam, wortel dan kerang. Untuk bumbu halusnya, siapkanlah bawang putih, garam, gula, kaldu jamur, kunci dan bawang merah. Cucilah terlebih dahulu semua bahan yang akan dipakai sebagai isian.

Untuk kerang, gosoklah pada bagian cangkangnya dengan menggunakan sikat gigi hingga bersih. Masaklah air hingga mendidih lantas masukkan kerang dan jagung terlebih dahulu sebab teksturnya lebih keras. Kemudian masukkanlah wortel dan tunggulah sampai bahan matang. Selanjutnya bumbu halus dimasukkan dan tunggulah sampai air kembali mendidih. Akhirnya bayam dimasukkan dan tunggulah hingga air mendidih. Koreksi rasa terlebih dahulu, pastikanlah semua bahan matang, matikanlah api, segera diangkat dan hidangkan.

Sayur Bening Oyong

Resep sayur bening terakhir yang dapat Anda coba ialah sayur bening oyong. Untuk memasaknya, Anda memerlukan beberapa bahan seperti lada, garam, bakso ikan, oyong yang telah dikupas dan dipotong, bawang putih, minyak sayur, gula pasir, tomat, tahu putih, air, dan bawang merah.

Pertama sekali, bawang merah dan bawang putih dihaluskan kemudian ditumis sampai mengeluarkan bau harum. Sesudah harum, bakso ikan, oyong, tomat, dan tahu dimasukkan. Setelah itu ditambahi air secukupnya dan berilah penyedap dari lada bubuk, gula, dan garam. Aduklah dan masaklah sampai seluruh bahan matang. Kemudian api dimatikan dan angkatlah sayur bening oyong yang telah matang.

Itulah beberapa resep sayur bening yang lezat, mudah dan sederhana ala rumahan yang dapat Anda buat di rumah. Di samping amat mudah untuk dibuat, sayur bening inipun banyak mengandung nutrisi sebab sayur bayam banyak manfaatnya bagi kesehatan. Selamat mencoba resep ini dan semoga lezat hasilnya.

Leave a Reply

Top