You are here
Home > Berita Nasional >

Pengertian, Penyebab, dan Cara Atasi Diesel Runaway

Cara Atasi Diesel Runaway
Bagikan Artikel Ini

Seiring dengan perkembangan zaman, industri otomotif juga ikut berkembang. Perkembangan ini dibuktikan dengan adanya mesin diesel. Namun, mesin diesel seringkali berada di luar kendali. Tentu saja hal ini akan sangat membahayakan. Untungnya, cara atasi diesel runaway tidak terlalu sulit. 

Mesin diesel sendiri merupakan salah satu mesin unik yang terdapat pada mobil. Mesin ini hadir dengan torsi dan tenaga yang sangat besar serta irit bahan bakar. Atas kelebihan tersebut, mesin diesel seringkali digunakan untuk berbagai jenis mobil yang membutuhkan daya yang besar. 

Umumnya, mesin diesel digunakan untuk kendaraan seperti bus, truk, dan fuso. Selain itu, mobil-mobil SUV dengan spesifikasi tinggi, seperti hardtop, land cruiser, dan triton juga menggunakan mesin diesel. Tak hanya itu, beberapa mobil sedan juga terlihat mulai menggunakan mesin ini.

Pengertian Diesel Runaway

Sayangnya, mobil-mobil yang menggunakan mesin diesel seringkali mengalami diesel runaway. Lantas, apa pengertian diesel runaway itu sendiri? Diesel runaway merupakan suatu kondisi dimana mesin berada di luar kendali. 

Uniknya, mesin diesel akan selalu hidup selama pasokan bahan bakar masih ada. Maka, mesin ini dapat berpotensi menimbulkan hal yang mengerikan seperti diesel runaway engine. Kondisi diesel runaway engine umumnya ditandai dengan mesin yang tidak boleh bisa dimatikan meskipun kontaknya sudah dicabut. 

Diesel runaway sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal. Beberapa diantaranya adalah kebocoran segel minyak pada turbo sehingga tidak terkontrol dan terus mengirimkan bahan bakar, pompa solar rusak, hingga failure dari perhitungan ECU. 

Seperti yang diketahui, mesin diesel memang menggunakan bahan bakar internal tanpa ada bantuan busi. Jenis mesin ini bekerja dengan melakukan kompresi solar dan udara. Kepadatan udara akan menyebabkan panas hingga solar terbakar secara otomatis. 

Saat mesin diesel mengalami runaway engine, mesin akan langsung mengarah ke putaran yang tertinggi. Umumnya, jarum RPM akan langsung mentok ke yang tertinggi. Setelah itu, kepulan asap berwarna putih akan muncul dan sulit hilang. 

Pada beberapa kasus, diesel runaway yang parah dapat menyebabkan mesin meledak hingga mobil terbakar. 

Cara Atasi Diesel Runaway pada Mobil

Lantas, bagaimana cara mengatasi diesel runaway bila sudah terlanjur terjadi? Cara atasi diesel runaway yang paling tepat hanyalah meninggalkan mobil secepatnya. Selain itu, pastikan lokasi aman agar bila mobil meledak atau terbakar tidak akan menimbulkan luka atau kecelakaan. 

Untuk memastikan tingkat keparahan diesel runaway, pemilik mobil dapat melakukan beberapa cara sebagai berikut :

  • Memastikan gigi proseneling dalam posisi yang netral (N) 
  • Kemudian, tariklah tuas pada rem tangan
  • Usahakan untuk keluar dari mobil sesegera mungkin dan arahkan penumpang lain untuk keluar juga dan menjauh dari mobil
  • Beritahu orang sekitar bahwa mobil sedang mengalami diesel runaway. Hal ini bertujuan agar orang sekitar dapat segera menjauh
  • Bila sedang berada di jalan raya, instruksikan mobil yang lain untuk menjauh atau berhenti
  • Tunggu beberapa saat hingga mesin menghentikan bahan bakar atau sampai BBM habis

Bila sudah mengusahakan beberapa hal itu, tidak ada yang bisa dilakukan. Pemilik mobil umumnya hanya akan menunggu hingga oli mesin atau solar terbakar habis. Sembari menunggu mesin mati, pastikan untuk menjauhi mobil dan area sekitar mobil. 

Sebenarnya ada cara lain untuk mengatasi diesel runaway. Cara yang satu ini dapat dilakukan dengan menghentikan pasokan udara. Maksudna, pemilik diharuskan untuk melepas saluran udara. 

Tapi, saat menggunakan cara ini, pemilik harus memastikan tutupnya kuat agar tidak terhisap. Cara ini hanya dapat dilakukan bila pemilik mobil memiliki nyali yang sangat besar. Pasalnya, pemilik yang melakukan metode ini harus secepatnya memberi respon saat putaran mesin dan panasnya sangat tinggi. 

Pemilik juga dapat menutup saringan udara lewat moncong turbo. Namun, karena daya hisap turbo yang sangat tinggi, dikhawatirkan penutup akan terhisap hingga turbin turbo mengalami kerusakan dan masuk ke ruang pembakaran mesin. Itulah pengertian, penyebab, dan cara atasi diesel runaway.

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top