You are here
Home > Teknologi >

Prosesor Terbaru Intel Generasi ke-11 yang Akan Diliris

Prosesor Terbaru Intel Generasi ke 11 yang Akan di Liris

Prosesor terbaru Intel untuk laptop dan komputer desktop diumumkan pada ajang CES (Consumer Electronics Show) bulan ini. Adapun hal tersebut yaitu seri Core H, Core vPro, Core S Rocket Lake, Celeron N, dan Pentium. Dikenalkan oleh Executive Vice President yaitu Gregory Bryant.

Prosesor Terbaru Intel yang Akan Dirilis

Pada sebuah ungkapan yang diunggah ke Twitter, Bryant akan menjanjikan bahwa ada 500 lebih model laptop dan komputer yang berbasis dari empat prosesor tersebut yang akan dirilis pada tahun ini.

Core H Generasi ke-11

Jenis prosesor ini akan ditujukan untuk tipe laptop gaming. Core H generasi ke-11 ini juga akan menjanjikan supaya laptop dapat dibuat dengan ketebalan hanya 16 mm meski masih memiliki kinerja yang tinggi ketika sedang menjalankan sebuah game.

Prosesor terbaru Intel ini mempunyai clock speed turbo mencapai 5 GHz. Dapat mendukung WiFi, PCI Express, dan Thunderbolt yang diklaim dapat menjalankan game pada resolusi 4K secara mulus.

Intel juga telah menyebutkan bahwa ada 40 lebih jenis laptop dari rekanan seperti HP Lenovo, Dell, Asus, Acer, Vaio dan MSi yang bisa menggunakan prosesor pada seri Core H generasi ke-11 ini.

Celeron N-Series dan Pentium Silver

Pada seri Celeron N-Series dan Pentium Silver akan ditujukan pada pasaran perangkat edukasi seperti Chromebook. Yang memiliki arsitektur 10 nm dan diklaim memiliki kinerja yang lebih tinggi sekitar 35% daripada generasi sebelumnya.

Tak hanya itu, juga memiliki performa dengan grafis 78% yang lebih ngegas. Pada Chromebook dengan peningkatan kinerja yang dihasilkan pun dapat mencapai hingga 144%. Intel juga mengklaim laptop dapat digunakan untuk belajar tanpa memerlukan charging.

Core Rocket Lake-S dan High-End

Prosesor terbaru Intel dengan kode nama Rocket Lake-S adalah prosesor Intel Core pada generasi ke-11 dan ditujukan ke semua jenis komputer desktop high end. Rocket Lake-S memiliki sebuah kinerja instruction per cycle atau IPC hingga 19% lebih tinggi daripada generasi sebelumnya.

Model dari prosesor terbaru ini yang diperkenalkan yaitu Core i9-11900K dan memiliki 8 core CPU. Hal ini memiliki kecepatan core turbo mencapai 5,3 GHz dan all core turbo mencapai 4.8 GHz.

Akan dijanjikan rilis di kuartal 1 2020 Core i9-11900K dan diklaim lebih kencang daripada prosesor desktop dari AMD dan Ryzen 5900x pada saat menjalankan beberapa game.

Core Evo vPro Generasi ke-11

Prosesor terbaru Intel yang telah dirancang pada korporasi Core vPro dan Evo vPro untuk jenis laptop. Diperbarui dengan arsitektur generasi ke-11 yang berbasis manufaktur 10nm.

Daripada sebelumnya, vPro pada generasi ke-11 ini juga diklaim memiliki peningkatan kinerja secara keseluruhan mencapai 19%. Aplikasi produktivitas seperti Office diklaim hingga 23% dan untuk kinerja Al meningkat mencapai 800%.

Evo vPro dan Core vPro generasi ke-11 ini dilengkapi dengan GPU (pengolah grafis) Intel Iris Xe dan telah mendukung standar WiFi, yaitu 6/6E.

Performa Lebih Cepat

Pada segi performa Intel Core generasi ke-11 ini diklaim hingga 20% lebih cepat daripada generasi sebelumnya. Dengan dukungan Thunderbolt 4 yang ada empat port ke laptop dengan akses kabel tunggal untuk monitor eksternal, fast charging, dan penyimpanan tambahan.

Tak berhenti di situ saja, namun proses penyuntingan foto dan video juga dijanjikan akan lebih cepat. Untuk hiburan, prosesor terbaru Intel ini juga telah menjadi pertama di industri yang mendukung Dolby Vision. Untuk gaming menjanjikan performa gim 2 kali lebih cepat daripada sebelumnya.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top