You are here
Home > Berita Nasional >

Sejarah Tersembunyi Kapal KRI Irian

kri irian indomiliter.com
Bagikan Artikel Ini

Sejarah Tersembunyi Kapal KRI Irian

Pendahuluan

KRI Irian merupakan salah satu kapal perang yang memiliki sejarah yang menarik dan tersembunyi. Kapal ini memiliki peran penting dalam menjaga kedaulatan dan keamanan maritim Indonesia. Artikel ini akan mengungkap sejarah tersembunyi dari kapal KRI Irian.

Periode Awal dan Asal Usul

KRI Irian awalnya dikenal sebagai USS Harnett County (LST-821), sebuah kapal perang kelas landing ship tank (LST) milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Kapal ini dibangun pada tahun 1944 dan digunakan selama Perang Dunia II. Setelah perang, kapal ini dipindahkan ke Angkatan Laut Indonesia.

Pembelian oleh Angkatan Laut Indonesia

Pada tahun 1964, Angkatan Laut Indonesia membeli USS Harnett County dari Amerika Serikat. Kapal ini kemudian diubah namanya menjadi KRI Irian, mengambil nama dari wilayah di Indonesia yang saat itu sedang menjadi fokus perjuangan untuk pembebasan. Pembelian kapal ini dilakukan dalam kerahasiaan untuk menjaga keamanan negara.

Peran Selama Konfrontasi dengan Malaysia

KRI Irian memainkan peran penting selama periode Konfrontasi dengan Malaysia pada tahun 1960-an. Kapal ini digunakan untuk operasi militer dan pengangkutan pasukan serta peralatan di wilayah perbatasan dengan Malaysia. KRI Irian berperan dalam menjaga keamanan perairan Indonesia dan mendukung operasi militer yang dilakukan oleh TNI Angkatan Laut.

Misinya yang Tersembunyi

Selama periode Konfrontasi, KRI Irian sering kali beroperasi dalam misi yang tersembunyi. Kapal ini melakukan patroli dan mengumpulkan intelijen di perairan strategis. Tugasnya meliputi pengintaian terhadap kapal-kapal musuh, melindungi wilayah perairan Indonesia, dan mendukung operasi pasukan darat di wilayah perbatasan.

Pasca Konfrontasi dan Pengabdiannya

Setelah periode Konfrontasi dengan Malaysia berakhir, KRI Irian tetap aktif dalam menjaga kedaulatan maritim Indonesia. Kapal ini melanjutkan tugasnya dalam melakukan patroli, pengawasan perairan, dan dukungan logistik di berbagai wilayah perairan Indonesia.

Pensiun dan Kenangan

Setelah bertahun-tahun mengabdi, KRI Irian akhirnya pensiun dari tugas operasional pada tahun 2003. Kapal ini menjadi bagian dari sejarah Angkatan Laut Indonesia dan meninggalkan kenangan yang kuat dalam pertahanan negara. Beberapa bagian kapal ini disimpan sebagai monumen untuk menghormati jasanya.

Kesimpulan

KRI Irian adalah kapal perang yang memiliki sejarah tersembunyi dan peran penting dalam menjaga kedaulatan maritim Indonesia. Dari asal usulnya sebagai USS Harnett County hingga perannya selama periode Konfrontasi dengan Malaysia, kapal ini telah mengabdikan dirinya untuk kepentingan negara. Pensiunnya KRI Irian menandai akhir dari masa pengabdiannya, tetapi meninggalkan kenangan dan penghormatan yang abadi.

Leave a Reply

Top