You are here
Home > Berita Nasional >

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Screenshot 20191220 102323
Bagikan Artikel Ini

Pengantar Surat lamaran kerja merupakan dokumen penting yang menyampaikan minat dan kualifikasi Anda kepada perusahaan yang Anda lamar. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat surat lamaran kerja yang efektif dan profesional.

Format Surat Lamaran Kerja Berikut adalah format yang umum digunakan untuk surat lamaran kerja:

  1. Header: Tuliskan nama lengkap Anda, alamat, nomor telepon, dan alamat email Anda di bagian atas surat.
  2. Tanggal: Tuliskan tanggal saat Anda menulis surat.
  3. Nama Perusahaan: Tuliskan nama perusahaan dan alamatnya di sebelah kiri bawah.
  4. Subjek: Tuliskan subjek surat yang mencantumkan posisi yang Anda lamar.
  5. Salam Pembuka: Mulai surat dengan salam pembuka yang sopan, seperti “Kepada [nama atau jabatan yang tepat],”.
  6. Paragraf Pembuka: Tuliskan kalimat pendek yang menjelaskan tujuan Anda menulis surat ini dan minat Anda terhadap perusahaan tersebut.
  7. Paragraf Inti: Jelaskan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang Anda lamar, serta hubungkan kualifikasi dan pengalaman Anda dengan kebutuhan perusahaan.
  8. Paragraf Penutup: Ucapkan terima kasih kepada penerima surat atas pertimbangan mereka dan sampaikan harapan Anda untuk dapat mengikuti proses seleksi lebih lanjut.
  9. Salam Penutup: Gunakan salam penutup yang sopan, seperti “Hormat saya,” atau “Salam hormat,”.
  10. Tanda Tangan: Cetak nama lengkap Anda di bawah salam penutup dan berikan tanda tangan Anda di atas nama yang dicetak.
  11. Lampiran: Jika ada dokumen atau lampiran yang Anda sertakan, sebutkan dalam bagian akhir surat.

Tips dalam Membuat Surat Lamaran Kerja Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam membuat surat lamaran kerja yang efektif:

  1. Perhatikan detail: Pastikan Anda mengecek tata bahasa, ejaan, dan tanda baca dengan cermat. Sebuah kesalahan kecil dapat memberikan kesan buruk pada penerima surat.
  2. Sesuaikan dengan posisi yang dilamar: Sesuaikan konten surat dengan posisi yang Anda lamar. Tinjau persyaratan pekerjaan dan soroti kualifikasi yang relevan dalam surat lamaran Anda.
  3. Buatlah surat yang unik: Hindari mengirimkan surat lamaran yang sama untuk setiap perusahaan. Sampaikan dengan jelas mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut dan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi yang berarti.
  4. Gunakan bahasa yang jelas dan singkat: Sampaikan informasi dengan jelas dan gunakan bahasa yang sederhana namun profesional. Hindari penggunaan frasa atau kalimat yang terlalu panjang.
  5. Jelaskan kelebihan Anda: Soroti kualifikasi dan pengalaman Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jelaskan bagaimana keahlian dan pengalaman tersebut dapat memberikan manfaat bagi perusahaan.
  6. Perhatikan tata letak surat: Gunakan tata letak yang rapi dan teratur. Gunakan font yang mudah dibaca dan atur paragraf dengan baik.

Contoh Surat Lamaran Kerja Berikut adalah contoh singkat surat lamaran kerja:

[Header] [Tanggal]

[Nama Perusahaan] [Alamat Perusahaan]

Subjek: Lamaran Pekerjaan sebagai [Posisi yang Dilamar]

[Salam Pembuka]

Saya menulis surat ini untuk mengungkapkan minat saya yang besar untuk bergabung dengan [Nama Perusahaan]. Saya tertarik dengan posisi [Posisi yang Dilamar] yang sedang dibuka, sekaligus kesempatan untuk berkontribusi pada tim yang dinamis dan inovatif di perusahaan Anda.

[Paragraf Inti]

Selama [jumlah tahun] tahun terakhir, saya telah mengembangkan pengalaman dan keterampilan dalam [sebutkan kualifikasi dan pengalaman yang relevan]. Saya yakin bahwa kualifikasi ini akan memungkinkan saya untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam peran [Posisi yang Dilamar]. Saya sangat tertarik dengan [sebutkan salah satu proyek atau inisiatif perusahaan] dan saya yakin bahwa visi dan nilai-nilai perusahaan secara langsung sejalan dengan minat dan keahlian saya.

[Paragraf Penutup]

Saya sangat menghargai waktu dan pertimbangan Anda dalam meninjau lamaran ini. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk mengikuti proses seleksi lebih lanjut dan menjelaskan lebih lanjut mengenai bagaimana kualifikasi dan pengalaman saya dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

[Hormat saya,] [Tanda tangan] [Nama lengkap]

Kesimpulan Membuat surat lamaran kerja yang baik adalah langkah penting dalam mencari pekerjaan. Dengan mengikuti format yang benar, mengungkapkan minat dan kualifikasi Anda dengan jelas, serta memperhatikan detail-detail penting, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan perhatian dari perekrut dan maju dalam proses seleksi.

Leave a Reply

Top