You are here
Home > Berita Nasional >

7 Cara Mengelola Uang THR Supaya Tidak Habis Sia-sia

Cara Mengelola Uang THR
Bagikan Artikel Ini

Menjelang hari raya Idulfitri, para pekerja sebaiknya mulai mempelajari cara mengelola uang THR (Tunjangan Hari Raya) dengan baik supaya tidak habis secara sia-sia. Kenapa mesti ada cara mengelola uang THR? Karena terkadang setelah menerima tunjangan dari perusahaan, kerap kali kita tidak bisa mengelolanya dengan baik.

Amat disayangkan bukan, bila uang THR habis dalam sesaat? Terlebih cuma untuk memenuhi aktivitas konsumtif semata. Padahal dana itu dapat Anda  gunakan untuk berbagai hal yang lebih menguntungkan. Nah, supaya uang THR Anda tidak habis dengan sia-sia, berikut ini akan diberikan beberapa tips dalam mengelolanya:

1. Penuhi Kebutuhan Wajib

Seperti namanya, THR memang disediakan untuk hari raya. Jadi pastikan Anda menggunakan uang itu untuk memenuhi kebutuhan hari raya. Paling penting adalah membayar zakat fitrah. Tetapi bila Anda tak berpuasa karena uzur menyusui, sakit parah, atau hamil, maka Anda wajib membayar fidyah. Di luar kewajiban agama, ada juga kewajiban tahunan yang telah menjadi tradisi, misalnya memberikan uang buat orangtua atau keluarga inti.

2. Membuat Rencana Pengeluaran

Jangan cuma mencatat hal-hal yang besar saja, hal kecil sekalipun mesti dicatat. Antara lain pengeluaran bensin untuk keliling ketika hari raya dan memberikan angpao kepada keponakan. Dengan mencatat segala pengeluaran yang diperlukan, Anda dapat mengetahui peruntukkan dana THR dengan cermat dan mencegah pengeluaran yang sia-sia.

3. Menahan Hasrat untuk Belanja Online

Saat uang THR telah di tangan, hasrat untuk belanja online umumnya akan kian besar dan susah dibendung. Terlebih mendekati hari raya akan ada banyak diskon yang tersebar. Kondisi seperti ini akan semakin membuat Anda kalap untuk belanja habis-habisan. Bila telah begitu tanpa disadari uang THR akan habis dalam sesaat. Mensiasati hal itu, sebaiknya tempatkan terlebih dulu beberapa uang yang akan dibelanjakan dan pisahkan sebagian lagi untuk ditabung. Tips ini memang cukup sulit, tetapi mesti dilakukan supaya tidak kalap belanja.

4. Melunasi Utang

Bila Anda masih mempunyai utang, Anda dapat coba melunasinya dengan uang THR yang Anda punya. Walau terkesan sepele, tetapi sesungguhnya ini dapat menjadi solusi dan cara yang tepat untuk mengalokasikan uang THR Anda. Namun, sebelum melunasi utang, catatlah terlebih dulu jumlah dan sumber utang yang Anda miliki, kemudian buatlah daftar prioritas yang perlu Anda lunasi. Daftar prioritas ini dapat Anda ukur dari besarnya jumlah utang, urgensi, dan jatuh tempo pembayarannya.

5. Hindari Membeli Hampers Berlebihan

Berbagi hampers merupakan sebuah tradisi yang sekarang kerap dilakukan banyak orang. Rasanya seperti ada yang kurang bila tidak mengirim hampers atau bingkisan Lebaran ke teman atau kerabat. Belum lagi, setiap hampers harganya cukup mahal. Membeli hampers tidak dilarang, tetapi janganlah berlebihan. Ingat, hal yang wajiblah yang paling utama. Berikanlah hampers menurut kemampuan saja, tidak usah terpengaruh gengsi.

6. Siapkan Dana untuk Pengeluaran Tambahan

Libur Lebaran yang relatif panjang, umumnya digunakan untuk bersilaturahmi ke keluarga atau sekedar jalan-jalan ke sebuah tempat. Umumnya akan ada pengeluaran yang tidak terduga. Untuk kejadian-kejadian seperti ini, tentunya Anda membutuhkan dana ekstra. Tidak perlu mengeluarkan dana dari tabungan jika Anda menyisihkan dana itu dari THR. Dengan tersedianya pos pengeluaran tambahan dari THR, hal-hal yang tidak terduga dapat diatasi dengan gampang.

7. Sisihkan untuk Ditabung

Cara mengelola uang THR yang terakhir yakni dengan menyisihkan sebagian untuk ditabung. Lantaran umumnya 2 bulan setelah Lebaran akan ada lagi pengeluaran yang menanti yakni kurban. Menyisihkan uang untuk kurban dari sekarang dapat menjadikan keuangan Anda stabil hingga beberapa bulan ke depan.

Itulah 7 cara mengelola uang THR supaya tidak habis sia-sia. Ingat selalu bahwa kebutuhan lebih diutamakan ketimbang keinginan. Jadi pastikan kalau Anda tak boros!

Leave a Reply

Top