You are here
Home > Teknologi >

Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Langkah Mudah

Cara Membuat Tanda Tangan Digital
Bagikan Artikel Ini

Cara membuat tanda tangan digital sebenarnya sangat mudah, terlebih bagi mereka yang terbiasa kerja di kantoran. Mereka tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis tanda tangan digital ini. Pasalnya dalam keseharian pasti mereka sering menandatangani beberapa dokumen dalam bentuk digital.

Bagi orang yang bekerja dalam urusan persuratan maupun administrasi, tanda tangan ini juga memberikan banyak kemudahan kemudahan. Terlebih lagi, zaman sekarang yang memang segala sesuatunya akan lebih mudah bila pengerjaannya melalui media online. Untuk itu lah tanda tangan digital mampu memberi berbagai kemudahan serta efisiensi waktu.

Terlebih dengan kondisi yang seperti sekarang ini, tanda tangan digital sangat membantu bagi mereka yang bekerja secara daring. Bagaimana tidak, mau tidak mau segala pekerjaan bahkan urusan tanda tangan harus bisa mereka lakukan dengan digital. Sayangnya sampai saat ini masih ada beberapa yang bingung atau bahkan belum tahu cara untuk membuat tanda tangan digital.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Langkah Mudah

Tanda tangan digital menunjukkan bahwa tanda tangan tersebut sudah bersertifikasi serta menjaga keamanan dari pemilik dokumen. Karena sudah tersertifikasi, tanda tangan digital memberi keamanan dokumen dari pihak yang tidak berwenang. Bahkan bisa mendeteksi apabila terjadi kerusakan pada dokumen.

Oleh sebab itulah tanda tangan ini bisa meminimalisir risiko dari pemalsuan maupun penggandaan. Tak hanya itu saja, tanda tangan digital juga lebih menghemat waktu dan kertas. Anda juga bisa dengan mudah mengaksesnya kapanpun dan dimanapun.

Kemajuan teknologi memang membuat kita semua harus pandai beradaptasi dengan beberapa kebiasaan baru. Bahkan mau tidak mau kita harus bisa mengikutinya agar tidak menjadi masyarakat yang gaptek. Nah, jika masih bingung mengenai cara membuat tanda tangan digital, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

CreateMySignature

Website yang satu ini menawarkan jasa tanda tangan digital dengan gratis. Dengan tampilan dan interface yang sangat simple, menjadikan website ini mudah Anda pahami. Berikut cara membuat tanda tangan melalui CreateMySignature:

– Buka createmysignature.com melalui browser

– Selanjutnya pilih Draw Signature yang sudah tersedia di bagian kiri layar

– Mulailah membuat tanda tangan seperti biasanya. Karena baru mencoba pertama kali, tidak menutup kemungkinan akan melakukan kesalahan.

– Nah jika keliru dalam membuat tanda tangan, Anda bisa menghapusnya dengan menekan logo penghapus yang ada di sebelah kanan atas.

– Apabila Anda yakin tanda tangan sudah benar, klik saja tombol “Save” lalu pilih tombol “Download”

– Tunggu hingga proses download selesai, maka tanda tangan digital akan tersimpan otomatis dengan format PNG.

Nah, ketika Anda sudah mendapatkan tanda tangan digital tadi, kini saatnya untuk menggunakan. Jangan khawatir, karena CreateMySignature memberikan kemudahan untuk menggunakan tanda tangan digital secara langsung. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

– Cara pertama yaitu dengan membuka website createmysignature.com melalui browser

– Pada bagian kanan layar Anda akan menemukan “Sign PDF Document” kemudian pilih untuk mengkliknya

– Selanjutnya pilih dokumen PDF yang ingin Anda tanda tangani. Pada tahap ini Anda hanya bisa memilih dokumen dengan maksimal ukuran 10 MB.

– Jika sudah mendapatkan dokumen tersebut, maka file PDF akan muncul di layar

– Pada file tersebut, pilihlah menu “Sign” dan mulai membuat tanda tangan

– Setelah itu, pilih “Save” untuk menyimpan tanda tangan

– Nah, untuk menempatkan tanda tangan pada bagian yang seharusnya, geser ke halaman PDF yang sesuai

– Terakhir, tekan “Save” lagi dan pilih “Download”

–  Cara membuat tanda tangan digital pad dokumen sudah berhasil Anda lakukan

Signaturely

Melalui situs Signaturely, Anda bisa membuat tanda tangan digital dengan cara manual dan otomatis. Berikut langkah membuat tanda tangan melalui Signaturely:

– Buka signaturely.com melalui browser

– Pilih menu “Draw your signature”. Anda akan mendapati kolom untuk menulis tanda tangan

– Mulailah untuk membuat tanda tangan dengan mengatur warna, kemiringan serta ketebalan

– Jika sudah yakin dengan hasil tanda tangan tersebut, pilih tombol “Download eSignature”

– Tunggu hingga proses selesai dan tanda tangan digital sudah tersimpan. Anda bisa menggunakan tanda tangan ini sewaktu-waktu membutuhkan tanpa harus membuatnya lagi.

Docsketch

Website yang menawarkan fitur tanda tangan digital secara gratis selanjutnya yaitu Docsketch. Berikut cara membuat tanda tangan digital yang bisa Anda lakukan:

– Pertama, buka docsketch.com melalui browser

– Cari dan pilih menu “Draw Signature”

– Jika sudah, Anda bisa memulai membuat tanda tangan sesuai dengan keinginan. Apabila belum puas dengan hasil tanda tangan tadi, Anda bisa mengulanginya lagi. Caranya dengan menekan tombol Clear. Selanjutnya lakukan membuat tanda tangan lagi hingga mendapat hasil yang sesuai.

– Untuk memberikan warna pada tanda tangan, gunakan fitur “Color” yang tersedia di bawah kolom tanda tangan

– Apabila sudah benar-benar yakin, selanjutnya bisa memilih tombol “Save”

– Nah, jika Anda menginginkan tanda tangan dalam bentuk transparan. Geser sakelar transparent background yang tersedia dalam menu Doccketch

– Terakhir, pilih “Download” agar tanda tangan digital bisa tersimpan ke perangkat

– Hasil tanda tangan akan tersimpan pada folder “Download” dengan file PNG

Microsoft Word

Selain menggunakan website seperti di atas, cara membuat tanda tangan digital juga bisa Anda lakukan melalui Microsoft Word. Cara ini juga termasuk sangat mudah, terlebih lagi bagi Anda yang sudah terbiasa mengoperasikan komputer atau laptop. Berikut langkah lengkap untuk memulainya:

– Pertama, siapkan terlebih dulu dokumennya

– Selanjutnya letakkan pointer di bagian yang ingin Anda tanda tangani

– Pada menu Insert , grup Text klik daftar Signature Line atau Baris Tanda Tangan.

– Jika sudah, kemudian klik Baris Tanda Tangan Microsoft Office

– Pada menu tersebut, akan muncul beberapa kotak pengaturan yang harus Anda isi

– Pada kotak perintah tersebut, beri tanda centang sesuai dengan keinginan

– Apabila kotak untuk tanda tangan sudah muncul, klik file lalu klik kanan pada baris tanda tangan

– Pilih menu lalu tanda tangan. Untuk menambah versi cetak, klik bagian x dan tulis nama Anda. Apabila melalui gambar tanda tangan, klik Pilih Gambar > Pilih Gambar Tanda Tangan. Selanjutnya cari gambar tanda tangan yang ingin Anda masukkan. Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, cara membuat tanda tangan digital kini bisa Anda selesaikan dengan baik.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top