You are here
Home > Berita Nasional >

10 Cara Menghindari Kejahatan Skimming ATM Agar Tidak Mengalami Kerugian Karena Pencurian Saldo

Cara Menghindari Kejahatan Skimming ATM
Bagikan Artikel Ini

Pada zaman sekarang ini keberadaan ATM banyak digunakan untuk berbagai macam kebutuhan berbagai kalangan. Misalnya seperti melakukan pembayaran sekolah, membayar tagihan listrik dan masih banyak lagi. Namun setidaknya perlu diperhatikan oleh pengguna tentang cara menghindari kejahatan skimming ATM agar mengalami kerugian baik dalam skala besar maupun kecil.

Diketahui bahwa aksi skimming merupakan sebuah cara yang dipakai untuk mengetahui informasi berupa data yang ada di kartu debit. Biasanya orang yang melakukan hal semacam ini memakai cara ilegal. Melalui modifikasi perangkat berupa software atau hardware dengan memanfaatkan kecanggihan alat bantu pembaca kartu. Berikut cara yang bisa ditempuh untuk menghindari kejahatan semacam ini:

1. Memperhatikan Lokasi

Hal pertama yang bisa dijadikan sebagai cara menghindari kejahatan skimming ATM adalah mengetahui kondisi dari lokasi ATM itu berada. Perkara ini dikarenakan jika lokasi ATM bertempat di daerah yang cukup sepi. Serta ditambah lagi dengan minimnya pengawasan yang dilakukan oleh pihak terkait di wilayah tersebut. Bisa membuat atau berkemungkinan dijadikan target sasaran kejahatan.

Maka dari itu solusi yang dapat dikerjakan oleh para pengguna ATM yaitu dengan memperhatikan lokasi tempat ATM yang dituju telah termasuk dalam kategori aman. Misalnya dapat dilihat melalui terdapatnya alat perekam yang dinamakan CCTV di dalamnya. Apabila terjadi masalah saat pengguna memasukkan kartu maka lebih baik urungkan niat untuk melakukan proses transaksi.

2. Mengganti PIN Dengan Berkala

Untuk menghindar dari kejahatan yang menargetkan ATM, maka pengguna bisa melakukan pergantian digit PIN yang dipergunakan dengan cara berkala. Mengingat pemakaian PIN sama dalam jangka waktu lama memang tidak dianjurkan.

Selain hal tersebut pastikan juga bahwa ketika melakukan berbagai macam transaksi melalui mesin ATM. Keberadaan akan PIN terjaga kerahasiaannya dari siapapun. Adapun tindakan yang bisa dilakukan adalah dengan menutup menggunakan tangan ketika tangan yang satunya sedang menekan tombol PIN secara benar.

3. Melakukan Pemeriksaan Mesin ATM

Sebagai tindakan kewaspadaan dari kejahatan yang mungkin terjadi, pengguna bisa melakukan cek terhadap mesin ATM yang bakal dipergunakan. Jika terdapat sebuah kecurigaan baik berupa benda asing maupun alat yang tergolong tidak lazim. Sebaiknya tidak bertransaksi memakai mesin tersebut. Di samping itu, keadaan fisik serta sekitar dari mesin juga cukup penting untuk dilakukan pengecekan.

Pasalnya apabila terjadi hal yang tidak wajar seperti adanya sebuah tanda berupa goresan. Ada juga pertanda lainnya semacam selotip, bekas pemakaian lem serta lainnya. Apalagi benda yang dimaksudkan tersebut ada di bagian pemasukan kartu atau keypad. Maka pengguna bisa memberikan laporan terkait perkara itu kepada bank yang bersangkutan.

4. Ubah Kartu Menjadi Berbasis Chip

Ketika lebih memilih memakai kartu berbasis chip. Pengguna bisa merasakan jika jenis ini dinilai lebih terlindungi dari berbagai modus skimming. Hal ini dikarenakan metode yang banyak dipakai dalam kejahatan tersebut lewat sebuah proses pengambilan informasi yang bersumber melalui strip magnetik kartu.

Adapun alasan yang menjadi penyebab kartu berbasis chip dianggap lebih aman disebabkan informasi berupa data yang dipunyai akan terenkripsi. Selain itu, data tersebut juga tidak mudah bahkan tidak bisa dideteksi saat melewati alat skimmer.

5. Waspada Ketika Ditawari Bantuan Orang Tak Dikenal

Berhati-hatilah jika berada di ATM kemudian terjadi sebuah masalah dan datang orang akan menawarkan bantuan. Misalnya apabila kartu ATM tertelan oleh mesin maupun beragam permasalahan lainnya. Hal ini bisa menjadi cara menghindari kejahatan skimming ATM berikutnya. Pasalnya dikhawatirkan pada saat orang tidak dikenal tersebut sedang menolong terjadi aksi pencurian terhadap nomor kartu beserta PINnya.

6. Tidak Terpancing Oleh Petugas

Bagi pengguna sebaiknya tidak mudah terpancing oleh orang yang mengaku sebagai petugas bank yang bersangkutan. Kemudian menanyakan berbagai macam pertanyaan serta menyuruh pengguna untuk memasukkan informasi penting serta PIN yang dipakai. Maka berhati-hatilah dengan memastikan apakah benar orang tersebut bekerja di bank terkait lebih dahulu, serta tidak mudah mengatakan PIN kepada siapapun.

7. Waspada Terhadap Mesin EDC Saat Berbelanja

Hal lain yang perlu diperhatikan saat melakukan transaksi memakai kartu ATM adalah alatnya. Baik berbentuk mesin ataupun EDC. Kebanyakan orang tidak ingin ribet dengan membawa uang secara tunai ketika berbelanja. Alasannya pun cukup beragam. Mulai dari takut hilang, dirampok atau bentuk kejahatan lainnya. Hingga transaksi dalam bentuk digital melalui kartu sekarang marak dipergunakan.

Misalnya saja di pusat perbelanjaan yang memakai alat EDC. Namun pengguna ATM juga harus berhati-hati dan tetap memperhatikan kondisinya. Apabila terjadi sebuah keganjilan semacam adanya alat (device) yang pengguna rasakan saat transaksi. Maka pemilik kartu ATM bisa melakukan pelaporan sesegera mungkin terhadap pihak bank.

8. Melakukan Pemantauan Terhadap Saldo

Adapun daftar cara menghindari kejahatan skimming ATM berikut ini penting dilakukan untuk mewaspadai transaksi mencurigakan. Untuk itu pengguna bisa memastikan pengecekan terkait saldo terakhir yang dimiliki. Pasalnya banyak orang yang abai akan hal tersebut. Hingga bisa menjadi bagian faktor keteledoran yang berkemungkinan seseorang lupa dan tidak tahu jika saldo yang dipunyai telah hilang atau yang lainnya.

9. Tidak Terlalu Sering Pergi Ke ATM Yang Sama

Perkara ini memang kesannya sederhana dan tidak masalah. Namun jika diperhatikan, orang yang terlalu sering melakukan transaksi di mesin ATM sama. Bisa menimbulkan pencatatan transaksi akan mudah terekam dan tercatat, sehingga orang yang ingin melacaknya pun cukup gampang . Hal tersebut disebabkan salah satunya karena jangka waktu yang dipergunakan untuk akses rekening lewat ATM dikerjakan terlalu sering.

10. Memastikan Bahwa Card Reader Adalah Asli

Para pengguna sekarang ini harus pintar-pintar untuk membedakan card trader agar tidak mudah tertipu dengan yang palsu. Mengingat sekarang ini banyak beredar card reader palsu yang diserupakan dengan yang asli. Apabila pengguna merasa bagian tersebut terasa lebih longgar atau besar yang dilengkapi dengan goresan, plester serta lainnya. Sebaiknya jangan lakukan transaksi melalui mesin itu.

Demikian pembahasan terkait cara menghindari kejahatan skimming ATM agar lebih waspada. Mengingat zaman sekarang aksi kejahatan menggunakan modus yang beragam hingga bisa menipu para targetnya. Ulasan di atas bisa menjadi referensi agar tidak mengalami kerugian dalam bentuk saldo ATM yang berkurang karena tindak pencurian.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top