You are here
Home > Berita Nasional >

Resep Kue Sus Sederhana yang Lezat Beserta Panduannya

Resep Kue Sus Sederhana Lengkap dengan Panduannya
Bagikan Artikel Ini

Menu dan resep kue sus sederhana tentunya telah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak dengan bentuknya yang unik menyebabkan kue sus banyak disenangi. Bagian dalam kue ini dibikin berongga, jadi bisa dimasuki dengan beragam macam isian seperti custard dan vla.

Walau telah umum di Indonesia, kue sus nyatanya berasal dari Prancis dan tidak tergolong dalam kue asli Indonesia. Paduan bagian kulit yang gurih dan ringan dengan bagian dalamnya yang lembut menyebabkan kue ini disenangi oleh berbagai kalangan usia. Di bawah ini resep kue sus sederhana yang dapat Anda praktikkan di rumah.

Resep Kue Sus Strawberry

Pencinta strawberry harus mencoba menggunakan resep yang satu ini. Kue sus isian strawberry ini cocok bagi Anda yang kurang suka dengan rasa manis dan menghendaki kue dengan rasa agak asam. Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah vanili, baking powder, gula pasir, telur, selai stroberi, garam, tepung terigu, mentega dan air.

Cara pembuatannya lumayan mudah dan sederhana. Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu panci lantas masukkan mentega, vanili, air, dan gula. Sesudah semua bahan itu masuk, aduklah hingga rata dan tunggulah sampai mendidih. Bila telah mendidih, kecilkan api kemudian tambahkanlah tepung terigu. Aduklah adonan hingga berubah menjadi kalis, kemudian api dimatikan dan tunggu sampai adonan jadi lebih dingin.

Setelah itu masukkanlah telur dan baking powder sembari diaduk hingga tercampur merata. Siapkanlah pipping bag lantas masukkanlah adonan dan cetak. Kemudian panaskanlah oven, simpan adonan pada loyang yang telah disediakan. Pangganglah selama 15 menitan, bila telah matang, keluarkanlah dari oven dan tunggulah sampai dingin. Di bagian tengahnya, belahlah dan selipkan selai stroberi, kini kue sus telah siap dihidangkan.

Resep Kue Sus Ragout

Kue sus yang ini pun telah relatif umum di Indonesia. Berlainan dengan kue sus stroberi atau vla buah lainnya, kue sus ragout ini mempunyai isian mirip risoles. Paduan antara isian dan kulit pada kue sus ini menjadikan rasanya semakin enak. Kecuali lezat, kue sus ragout pun mengenyangkan.

Bahan pertama yang mesti Anda sediakan ialah pala bubuk, susu cair, seledri cincang, wortel, ayam fillet, telur, garam, margarin, gula pasir, lada bubuk, air kaldu, bawang bombay, air, bawang putih, mentega, dan tepung terigu. Langkah pertama, buatlah dulu isian ragout ayam dengan cara memasukkan margarin dan tumislah bawang putih, bawang bombay, wortel dan ayam suwir, bawang bombay, wortel, dan bawang putih

Sesudah beraroma harum, masukkanlah air kaldu, tepung terigu, susu cair, dan bumbu lainnya supaya lebih mengental dan meresap. Kemudian berilah tambahan seledri supaya terasa lebih harum. Angkatlah dan biarkanlah isian ragout jadi dingin. Sesudah isian ragout jadi, buatlah bagian luarnya, siapkanlah panci. Masukkanlah mentega dan air lantas diaduk sampai semua bahan tercampur rata. Tunggulah hingga mendidih, sesudah itu api dikecilkan dan bubuhkan tepung terigu.

Bila sudah, berilah tambahan garam secukupnya lantas aduklah adonan hingga kalis. Selanjutnya matikanlah api dan tunggulah sampai adonan jadi dingin. Masukkanlah telur pada adonan sebelumnya lantas siapkanlah piping bag untuk mencetak adonan itu. Cetaklah adonan dan simpan di loyang.

Panaskanlah oven dan masukkanlah adonan yang sudah dicetak ke dalam oven. Tunggulah sampai adonan matang, angkatlah dan biarkan hingga sedikit dingin. Akhirnya masukkanlah adonan ragout ayam ke tengah-tengah sus.

Demikian 2 resep kue sus sederhana yang dapat Anda coba. Varian di atas tergolong dalam kue sus basah yang gampang untuk dipraktikkan. Di samping kue sus basah, ada kue sus kering yang umumnya dihidangkan ketika lebaran. Diharapkan dengan resep ini, Anda dapat membuat kue sus yang nikmat selaku sajiaan untuk keluarga tercinta.

Leave a Reply

Top