You are here
Home > Berita Nasional >

Manfaat Bersepeda Bagi Pria Mampu Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan

Manfaat Bersepeda Bagi Pria
Bagikan Artikel Ini

Bersepeda adalah olahraga yang murah meriah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Saat ini olahraga bersepeda menjadi tren kembali di masyarakat, baik kaum pria maupun wanita mencintai olahraga ini. Lalu benarkah bersepeda memiliki manfaat lebih bagi pria? Untuk mengetahuinya simak ulasannya manfaat bersepeda bagi pria di bawah ini:

1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Melakukan olahraga bersepeda setiap hari memang terbukti meningkatkan otot-otot tertentu di dalam tubuh terutama tubuh bagian bawah. Pakar menyebutkan bersepeda sama saja dengan melatih kekuatan otot kaki, paha, betis, bokong, perut hingga tangan. 

Jika bersepeda secara rutin maka otot-otot tubuh bagian bawah akan terlatih tapi tidak terlalu tertekan. Efek yang diharapkan dari latihan bersepeda adalah otot tubuh bagian bawah menjadi kencang. Otot kaki, paha belakang, betis dan bokong menjadi tampak kencang dan lebih berisi. Selain otot tubuh bagian bawah, otot tangan juga menjadi lebih kuat.

2. Menjaga Berat Badan

Benarkah bersepeda mampu menjaga berat badan? Simak penjelasannya. Menjaga berat badan memang menjadi salah satu manfaat bersepeda bagi pria. Hal ini karena bersepeda mampu membuat tubuh kita membakar kalori yang cukup banyak. Bersepeda santai dengan kecepatan kurang dari 10 MPH saja mampu membakar 272 kalori per jam.

Jika kecepatan ditingkatkan, maka pembakaran kalori di dalam tubuh pun akan meningkat, karena simpanan lemak dan protein di dalam tubuh akan digunakan sebagai tenaga. Untuk kecepatan 14-16 MPH maka kalori yang terbakar dalam satu jam adalah 680 kalori. Jika hal ini dilakukan secara rutin maka berat badan akan terjadi, tetapi tentu saja harus diimbangi dengan pola makan yang sehat.

3. Meningkatkan Kemampuan Seks

Kemampuan seks seorang pria sangat bergantung dengan kesehatan tubuhnya, jika rajin berolahraga makan kemampuan seks juga akan meningkat. Bersepeda bisa menjadi salah satu alternatif olahraga yang bisa dilakukan pria untuk menjaga vitalitasnya. 

Tentu saja, karena dengan bersepeda artinya seorang pria akan memiliki otot-otot yang kuat dan akan sangat membantu dalam kegiatan seks yang dilakukan. Selain itu berat badan yang terus terjaga akan sangat membantu aktivitas seksual seorang pria, karena tubuh terasa ringan. 

Memang sebelumnya ada penelitian jika bersepeda dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Namun hal tersebut telah dibantah dengan penelitian terbaru yang melibatkan lebih banyak responden. Hasil dari penelitian terakhir bersepeda justru akan meningkatkan vitalitas bagi pria.

4. Mencegah Resiko Darah Tinggi

Perhatikan orang bersepeda, kaki akan bergerak berirama secara teratur untuk mengayuh sepedanya selama beberapa jam tanpa henti. Keadaan tersebut juga merupakan latihan yang baik bagi jantung, karena gerakan ritmis bersepeda akan membuat jantung teratur berdetak.

Jadi bersepeda akan meningkatkan kemampuan jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Keadaan tersebut, tentu saja akan berpengaruh pada tekanan darah seseorang. Jantung erat hubungannya dengan tensi darah, jika jantung sehat maka tekanan darah pun akan normal.

Pria memiliki resiko lebih tinggi mengalami hipertensi dari jenis kelaminnya. Nah, bersepeda akan menurunkan resiko seorang pria mengalami tekanan darah karena mampu menjaga jantungnya tetap sehat.

5. Mengatasi Insomnia

Bersepeda memang dipercaya mampu mengatasi gangguan insomnia seseorang, karena dapat memperbaiki kadar hormon kortisol. Melakukan olahraga ini 20-30 menit per hari disinyalir bisa mengatasi gangguan susah tidur. Bersepeda pagi hari saat matahari belum terik juga bisa memperbaiki jam biologis.

Itulah ulasan manfaat bersepeda bagi pria, namun sebenarnya bersepeda juga memiliki manfaat yang kurang lebih sama bagi para wanita. Dapat dipastikan bersepeda mampu membantu semua orang menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top