You are here
Home > Berita Nasional >

5 Daftar Makanan Pahit Untuk Diet yang Efektif

Makanan Pahit Untuk Diet
Bagikan Artikel Ini

Pahit merupakan salah satu rasa yang banyak tidak disukai oleh berbagai macam kalangan. Pasalnya sebagian orang menganggap rasa pahit sebagai rasa yang dapat memicu timbulnya selera makan menjadi hilang atau rusak. Namun belum banyak yang mengetahui justru makanan pahit untuk diet ternyata cukup efektif. 

Tentunya rasa pahit lebih baik untuk menu diet jika dibandingkan rasa manis yang memiliki banyak kandungan zat gula. Selain dapat dimanfaatkan untuk rekomendasi menu diet sehari-hari. Ternyata makanan yang memiliki rasa pahit juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan pencernaan. 

Pasalnya rasa pahit dapat membantu untuk menstimulasi sistem pencernaan dengan meningkatkan enzim pencernaan. Dengan enzim itulah pencernaan dapat mencegah metabolisme serta usus bocor. Berikut deretan makanan dengan rasa pahit namun cocok untuk menu diet:

1. Bubuk Kakao

Menu makanan pahit untuk diet yang pertama adalah bubuk kakao. Namun untuk mendapatkan manfaat dari bubuk kakao bagi tubuh harus diperhatikan saat membeli. Pasalnya bubuk kakao yang masih asli memiliki rasa pahit khas cokelat. 

Namun jika rasa tersebut telah berubah menjadi manis berarti kakao telah bercampur dengan bahan tambahan lainnya. Diantara manfaat ketika mengkonsumsi bubuk kakao secara rutin minimal seminggu lima kali dapat membuat tubuh lebih sehat. 

Terutama untuk organ jantung dengan konsentrasi 56 persen lebih rendah terserang penyakit Jantung. jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi bubuk kakao. Menurut peneliti hal tersebut dikarenakan kandungan polifenol dan antioksidan dalam bubuk kakao.

2. Teh Hijau

Menu yang satu ini sekarang telah banyak dikonsumsi oleh para perempuan yang ingin berat badannya menurun. Ternyata manfaat dari Teh Hijau sendiri lebih dari sekedar untuk menurunkan berat badan semata. 

Melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk membantu membunuh sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh. Serta memperkecil resiko terserang penyakit kardiovaskular. Hal tersebut dikarenakan kandungan yang dimiliki oleh Teh Hijau seperti Antioksidan dan juga Polifenol.

3. Kale

Kale merupakan salah satu makanan pahit untuk diet yang termasuk dalam golongan keluarga cruciferous. Rasa pahit yang dimiliki oleh sayuran yang satu ini berasal dari zat glukosinolat yang dimiliki. Zat inilah yang nantinya memiliki banyak manfaat untuk orang yang mengkonsumsinya.

Diantara manfaat yang dimiliki oleh sayuran ini selain dapat digunakan sebagai menu diet adalah dapat memperlambat laju penyebaran sel kanker. Serta memberikan rasa kenyang lebih lama dan juga menyehatkan bagi organ pencernaan.

4. Kopi Hitam

Kopi menjadi salah satu menu bahan minuman yang bisa digunakan untuk diet selain Teh Hijau. Pasalnya dalam Kopi terdapat zat bernama polifenol yang menjadikan kopi memiliki cita rasa pahit yang khas. Dari zat itulah sehingga muncul asam klorogenat yang memiliki beragam manfaat. Seperti Antioksidan, meminimalisir kerusakan oksidatif dan juga memperkecil risiko penyakit jantung dan diabetes.

5. Pare

Menu makanan pahit untuk diet yang satu ini memang cukup populer di kalangan orang Asia dan juga Afrika. Di Indonesia sendiri makanan yang menggunakan bahan dasar Pare cukup beragam.

Dari yang memiliki cita rasa pedas, asin dan yang lainnya. Dalam sayuran Pare sendiri terkandung zat fitokimia seperti, triterpenoid, polifenol dan flavonoid yang dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel-sel kanker.

Itulah berbagai macam makanan pahit untuk diet yang memiliki beragam manfaat. Pasalnya diantara makanan diatas tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan semata. Melainkan beragam manfaat lain siap menyapa seperti menghambat laju pertumbuhan sel kanker, menyehatkan pencernaan, dan juga mencegah usus bocor serta sederet manfaat lainnya.

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top