You are here
Home > Berita Nasional >

Disomasi Kembali! Tri Suaka dan Zinidin Zidan Disuruh Bayar Royalti

Tri Suaka dan Zinidin Zidan Suruh Bayar Royalti
Bagikan Artikel Ini

Pojokjakarta.com – Penyanyi yang akhir-akhir ini tren di kalangan remaja, Tri Suaka dan Zinidin Zidan disuruh bayar royalti atas kasus yang sudah mereka perbuat. Hal ini terjadi setelah mereka tersangkut kasus dengan Andika Kangen Band.

Tampaknya, persoalan ini semakin bergulir dan banyak pihak yang masuk. Salah satunya adalah para penyanyi dan pencipta lagu yang tergabung dalam Forum Komunikasi Artis Minangkabau Indonesia (Forkami). Pihak Forkami juga merasa dirugikan dan melayangkan somasi kedua kepada dua penyanyi tersebut.

Somasi Kedua: Pembagian Royalti

Somasi yang sebelumnya sudah diterima oleh pihak Forkami, yakni berupa permintaan maaf oleh Tri Suaka dan Zinidin Zidan. Isi dari somasi kedua ini adalah kesepakatan pembagian royalti dari lagu-lagu cover yang dikomersialkan oleh Tri Suaka dan Zinidin Zidan selama ini.

Tentu hal ini akan sangat memukul dua penyanyi tersebut. Pasalnya, banyak sekali lagu cover yang mereka nyanyikan dan di upload di channel Youtube mereka. Ketua Advokasi Forkami, Arianto menilai jika ada beberapa hal yang diabaikan oleh pihak Tri Suaka.

“Pada poin kedua, kami meminta Tri Suaka menghitung royalti pada seniman-seniman yang lagunya dipakai selama ini,” Ungkap Arianto saat diwawancarai.

Arianto juga meminta Tri Suaka menanggapi poin kedua dari somasi tersebut. Dimana, ada hak pencipta lagu sebesar Rp1 miliar per lagu. Dimana, somasi kedua ini belum ditanggapi. Hal tersebut tentu akan sangat berat bagi pihak Tri Suaka maupun Zinidin Zidan.

Batas waktu Tri Suaka dan Zinidin Zidan disuruh bayar royalti lagu adalah tujuh hari. Jika dalam waktu tersebut pihak yang bersangkutan tidak menanggapi, maka pihak Arianto akan melaporkan kepada polisi. Arianto menilai hal ini sudah sesuai dengan prosedur yang sudah berlaku dalam hak cipta lagu.

Meski demikian, pihak Forkami tetap membuka pintu mediasi dengan sangat lebar. Sehingga kedua pihak yang bersangkutan bisa berdiskusi terkiat hal tersebut. Sehingga, pihak Arianto menilai jika masalah ini akan lebih mudah diselesaikan secara damai, jika dari pihak Tri Suaka dan Zidan bisa diajak kerja sama.

Sudah Dimaafkan Andika Kangen Band

Meskipun somasi dilancarkan, pihak Andika Kangen Band sudah menyatakan memaafkan keduanya. Mereka bahkan sudah saling support sebagai public figure. Andika juga mengatakan jika hal ini mungkin saja satu ujian untuk menaikkan derajat Tri Suaka dan Zidan.

Masalahnya, tidak hanya Andika kangen Band yang masuk dalam masalah ini. Ada banyak pihak yang mempermasalahan, sehingga kedua artis baru tersebut tetap mendapatkan masalah meski video tersebut sudah diupload beberapa bulan lalu.

Pihak Andika Kangen Band pada dasarnya berharap jika masalah ini segera selesai. Dirinya juga ingin pihak lain tidak terus menggoreng masalah untuk kepentingan pribadi. Sebab, Tri Suaka dan Zidan sudah meminta maaf dan menyesali perbuatannya.

Leave a Reply

Top