You are here

6 Cara Menghilangkan Karat Pada Motor Secara Mudah, Agar Kembali Kinclong Seperti Baru

Cara Menghilangkan Karat Pada Motor
Bagikan Artikel Ini

Salah satu permasalahan motor adalah berkarat. Beberapa komponen motor yang berbahan besi, dapat karatan seiring berlalunya waktu. Tentu karatan tersebut, bisa membuat tampilan motor menjadi jelek. Tapi tidak perlu risau, karena terdapat beberapa cara gampang memusnahkan karat. Inilah 6 cara menghilangkan karat pada motor dengan gampang, agar kembali kinclong.

1. Memanfaatkan Pasta Gigi

Selain digunakan sebagai pembersih gigi, odol memang terkenal bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Salah satunya untuk memusnahkan karatan pada motor. Meski kurang begitu ampuh, namun jika dilakukan berulang karatan bisa menghilang. Langkahnya sangat gampang, hanya perlu mengoleskan odol, ke bodi motor yang berkarat.

Biarkan sebentar, kemudian gosok menggunakan kain. Lakukan berulang kali atau secara rutin, supaya karatan di motor bisa menghilang.

2. Memanfaatkan Oli Sisa

Jangan buru-buru membuang oli sisa, pasalnya bahan tersebut memiliki manfaat. Salah satunya dapat memusnahkan karat di motor. Cara satu ini, dapat digunakan untuk menghilangkan karat di bagian knalpot. Hanya perlu menyiapkan oli bekas, air bersih, dan kain lap bersih. Pertama ratakan oli sisa secara merata, ke bagian knalpot yang karatan.

Kemudian nyalakan motor, agar knalpot menjadi panas. Panas dari knalpot, bisa merontokkan karatnya. Setelah itu siram dengan air bersih, hingga karat benar-benar hilang. Lap hingga kering, dan knalpot sudah bebas dari karat.

3. Memanfaatkan Minum Bersoda

Selain bisa menghilangkan dahaga, minuman bersoda juga dapat digunakan untuk menghilangkan karatan. Minuman bersoda yang paling disarankan ialah air cola, karena memiliki sifat asam yang cukup tinggi. Pertama siapkan alumunium foil, dan minuman bersodanya. Lalu siramkan minuman bersoda, ke bagian yang karatan.

Setelah disiram, gosok dengan alumunium foil. Gosok hingga karatnya menghilang, setelah itu bersihkan menggunakan air bersih. Jangan sampai tidak dibersihkan dengan air, karena bekas air cola bisa menimbulkan korosi.

4. Memanfaatkan Produk Untuk Membersihkan Keramik

Produk untuk membersihkan keramik bisa dimanfaatkan, untuk memusnahkan karat di motor. Cara ini juga cukup cepat dan ampuh. Pertama siapkan pembersih keramik, sikat, dan kain bersih. Oleskan produk untuk membersihkan keramik, ke bagian motor yang karatan. Tunggu selama beberapa saat, kemudian sikat hingga karatan hilang.

Setelah karat menghilang, bersihkan dengan air lalu lap menggunakan kain. Cara ini hanya dapat digunakan, untuk menghilangkan karat di bagian bodi. Pasalnya jika di bagian mesin, dapat menimbulkan kerusakan atau masalah.

5. Memanfaatkan Bensin

Ternyata bensin dapat digunakan, untuk memusnahkan karat di motor. Cara menghilangkan karat pada motor ini, memanfaatkan bensin Pertamax tipe Plus. Pasalnya Pertamax tipe Plus, memiliki nilai oktan yang tinggi. Selain membutuhkan Pertamax tipe Plus, dibutuhkan juga minyak solar. Nantinya kedua bahan itu akan dicampurkan.

Campur minyak solar dan Pertamax tipe Plus, dengan rasio dua banding satu. Ratakan cairan, ke motor yang karatan. Diamkan sebentar, lalu gosok dengan sikat. Gosok hingga karatan menghilang, kemudian bersihkan sisanya.

6. Memanfaatkan Penghilang Karatan

Terakhir bisa memanfaatkan cairan penghilang karatan. Jika tidak mau repot, maka bisa menggunakan cairan penghilang karatan. Pastinya cara menghilangkan karat pada motor ini, sudah pasti ampuh. Cairan penghilang karatan bisa dibeli melalui toko online, atau langsung di bengkel.

Untuk harganya beragam, tergantung dari kualitas. Meski mahal, namun pastinya tidak repot, dan karat sudah pasti bisa hilang.

Itulah 6 cara menghilangkan karat pada motor secara mudah, agar motor kinclong seperti baru. Cobalah cara diatas, yang sudah pasti dapat memusnahkan karatan. Terapkan cara diatas dengan hati-hati, agar tidak merusak body motor.

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top