You are here
Home > Berita Nasional >

Ide Sarapan Sehat Praktis dan Bernutrisi Tinggi

Ide Sarapan Sehat
Bagikan Artikel Ini

Banyak orang yang menyepelekan soal sarapan, sejatinya sarapan memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh untuk menjalankan berbagai macam aktivitas. Nutrisi yang terkandung dalam menu sarapan dapat bermanfaat untuk perkembangan otak terutama bagi anak-anak. Untuk ide sarapan sehat sendiri tidak harus berbentuk nasi, melainkan bisa juga berbagai macam buah, roti dan juga sayur mayur.

Umumnya orang akan memilih menu sarapan yang cukup mudah dibuat dalam waktu singkat. Hal tersebut karena dinilai lebih praktis namun tetap mengedepankan nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Seperti apa saja menu sarapan sehat yang mudah dibuat dan memiliki jumlah nutrisi yang cukup untuk kebutuhan beraktivitas? Berikut beberapa penjabarannya :

1. Roti Bakar Isi Alpukat dan Scrambled Egg

Ini merupakan salah satu ide sarapan sehat asal negeri barat. Pada saat membuat menu ini sebagai sarapan, pastikan terlebih dahulu bahwa Alpukat yang digunakan memiliki kualitas yang baik. Selain berkualitas baik juga berasal dari jenis Alpukat Mentega yang memiliki citarasa yang khas.

Cara yang bisa diikuti untuk membuat Roti bakar isi Alpukat ini cukup mudah. Yakni hanya tinggal haluskan Alpukat lalu oleskan pada roti tawar dan berikan sentuhan terakhir dengan tambahan Scrambled egg atau telur orak-arik.

2. Smoothie Bowl

Menu Smoothie bowl sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang berselera untuk makan makanan ringan dengan tekstur lembut di mulut. Bahan yang bisa dibuat untuk menu yang satu ini diantaranya seperti berbagai macam buah-buahan. Bisa buah Pisang yang dipadukan dengan buah Strawberry dengan cara dihaluskan.

Sebelum mulai untuk mengharuskan buah tersebut, lebih dahulu pastikan bahwa buah masih dalam keadaan beku. Adapun bahan tambahan yang bisa digunakan supaya rasanya semakin nikmat adalah seperti madu, susu, dan yang lainnya.

3. Roti Panggang dan Telur

Menu Roti Panggang dan Telur merupakan rekomendasi untuk ide sarapan sehat berikutnya. Selain mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Menu yang satu ini juga cukup mudah dicari bahannya di pasaran. Serta nutrisi yang terkandung tidak bisa diremehkan, karena dapat mencukupi kebutuhan tubuh selama beberapa jam.

Supaya Roti yang dipanggang memiliki rasa yang lebih enak, maka bisa ditambahkan dengan unsalted butter saat proses pemanggangan. Pada bahan telur juga bisa ditambahkan aroma seperti lada hitam serta garam agar lebih terasa gurih.

4. Potongan Buah dan Madu

Cara membuat menu sarapan yang satu ini cukup simple dan praktis. Pasalnya hanya perlu menyiapkan berbagai macam buah-buahan segar seperti Melon, Pepaya, Pisang dan buah-buahan yang lainnya. Supaya rasa manis lebih dominan maka bisa ditambahkan dengan bahan Madu. Pasalnya selain sebagai penambah rasa manis pada buah, madu juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan efek kental. Alhasil potongan buah terasa lebih nikmat dan lezat.

5. Salad Sayur

Selain buah-buahan, yang bisa dijadikan salah satu bahan Salad adalah sayur. Menu sarapan ini tidak membutuhkan proses memasak sama sekali sehingga waktu yang diperlukan lebih singkat lagi. Untuk memulai membuat ide sarapan sehat ini adalah dengan mencuci bersih dan memotong sayuran menjadi bentuk yang diinginkan.

Diantara sayuran yang biasa digunakan Salad adalah seperti Selada, Tomat, Wortel dan yang lainnya. Lalu tinggal menambahkan sausnya berupa dressing salad yang telah banyak dijual di pasaran.

Demikian ulasan mengenai beberapa ide sarapan sehat untuk konsumsi sehari-hari. Diantara menu sarapan di atas bisa menjadi referensi supaya tidak bosan dengan menu sarapan yang itu-itu terus. Selain mudah dan praktis dibuat, nutrisi yang dimiliki juga cukup lengkap. Mulai dari vitamin, mineral, karbohidrat dan yang lainnya.

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top