You are here
Home > Berita Nasional >

Cara Memindahkan Data ke Smartphone Baru dengan Mudah

6 Cara Memindahkan Data ke Hp Baru dengan Mudah
Bagikan Artikel Ini

Saat membeli smartphone baru, kadang-kadang seseorang dibuat bingung tentang bagaimana cara memindahkan data ke smartphone baru dari smartphone lamanya. Karena yang lebih penting dari sebuah ponsel adalah data yang terdapat di dalamnya. Tetapi kadang-kadang, saat  telah coba dipindahkan, nyatanya ada beberapa data yang tak ikut pindah sebab proses pemindahan seluruh data ke smartphone baru tidak sesimpel copy dan paste.

Lewat tulisan ini akan dibahas cara memindahkan data ke smartphone baru secara mudah. Termasuk memindahkan data, aplikasi, password, konfigurasi, media, file, panggilan, kontak, chating, riwayat SMS, dan lainnya. Yuk langsung disimak saja caranya di bawah ini.

1. Memanfaatkan Aplikasi Migrasi Bawaan dari Pabrik

Untuk memindahkan seluruh data yang terdapat di dalam smartphone, Anda dapat menggunakan aplikasi memindahkan data dari ponsel lama ke ponsel baru. Umumnya, aplikasi itu adalah bawaan dari pabrik ponsel itu. Contohnya adalah HTC Transfer Tools, Huawei Phone Clone, LG Mobile Switch, Samsung Smart Switch Mobile, Sony Xpreia Transfer Mobile, dan Xiaomi MiDrop.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, Anda bisa memindahkan data aplikasi, pengaturan perangkat, entri kalender, media, file, kontak, pesan, dan masih banyak lagi. Untuk memakainya, Anda cukup menghubungkan kedua smartphone lewat jaringan Wi-Fi atau kabel USB OTG. Tetapi bila tidak tersedia aplikasi bawaan dari pabrikan smartphone Anda, jangan sedih. Lantaran Anda dapat memanfaatkan aplikasi lain yang berfungsi sama.

2. Backup Data di Ponsel Lama pada Google Drive

Sebelum data dipindahkan ke ponsel baru, pastikan dulu Anda telah mencadangkan (bakcup) datanya di ponsel lama di penyimpanan awan atau could, seperti Google Drive. Pastikan juga Anda telah login di ponsel itu dengan akun Google milik Anda dan terkoneksi dengan jaringan WiFi.

Nah, apabila telah terhubung, berikut ini cara memindahkan data dari smartphone lama ke smartphone baru melalui Google Dive.

  • Bukalah pengaturan.
  • Gulirlah ke bawah lantas pilihlah menu “Sistem”.
  • Selanjutnya pilihlah menu “Cadangan atau Backup” lantas aktifkan fitur bernama “Cadangkan ke Google Drive”.
  • Kemudian klik tombol “Cadangkan sekarang” untuk mensinkronkan data yang terdapat di ponsel lama Anda dengan Google Drive.
  • Bila sudah, maka ponsel akan melaksanakan proses sinkronisasi data yang membutuhkan sekitar 3-5 menit.

3. Memindahkan Kontak dan Pesan

Walau ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, tetapi ada cara memindahkan data ke ponsel baru dengan sederhana. Yaitu dengan men-download aplikasi yang dinamakan Phone Copier. Aplikasi itu memungkinkan Anda untuk berbagi kontak dan SMS dari ponsel lama ke ponsel yang baru.

Caranya adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama, unduhlah Phone Copier terlebih dulu di kedua ponsel Anda, entah HP baru maupun lama. Lantas aktifkanlah bluetooth di kedua ponsel itu.
  • Selanjutnya pada ponsel baru Anda, ketuklah ikon bluetooth dan pilihlah “Import”.
  • Berikutnya ia akan mencari-cari perangkat bluetooth yang sedang aktif. Anda bisa memilih ponsel lama Anda sebagai target guna mengawali proses transfer data.
  • Bila sudah, maka aplikasi akan secara otomatis meletakkan kontak dan pesan di tempat yang cocok.

4. Memindahkan dengan CLONEit

Cara memindahkan data ke smartphone baru yang terakhir adalah memakai aplikasi CLONEit. Ini adalah aplikasi pemindahan data yang dapat Anda gunakan secara gratis alias cuma-cuma. Walau begitu, Anda tak akan menemui iklan apapun yang bisa jadi akan merusak proses pemindahan data. Tetapi ini semua tergantung pada pengaturan pabrik ponsel yang Anda miliki, ini barangkali tidak cocok untuk Anda.

Aplikasi ini dapat memindahkan data dengan lengkap sehingga Anda dapat memindahkan jaringan WiFi, kata sandi, pengaturan sistem, aplikasi, SMS, panggilan, log, kontak dan semua jenis file media.

Guna memakainya, Anda cuma perlu memasangnya di kedua perangkat. Setelah itu ketuklah “Receiver” di smartphone baru dan “Sender” di ponsel lama, pastikanlah keduanya terkoneksi WiFi. Lantas Anda akan dipinta untuk memilih data yang Anda transfer. Setelah dipilih, seluruh data akan ditransfer dengan kecepatan yang bisa diandalkan sampai 20MB/second.

Itu dia cara memindahkan data ke ponsel baru dengan mudah. Sudah siapkah mencobanya?

Leave a Reply

Top