You are here
Home > Berita Nasional >

Manfaat Mengkonsumsi Tempe, Bahan Pangan Lokal yang Patut Dibanggakan

Manfaat Mengkonsumsi Tempe Bahan Pangan Lokal yang Patut Dibanggakan
Bagikan Artikel Ini

Manfaat Mengkonsumsi Tempe – Selaku orang Indonesia siapa sih yang tak pernah mengkonsumsi tempe? Tempe dapat dikatakan merupakan salah satu makanan lokal Indonesia yang paling banyak disukai masyarakat. Di samping karena rasanya yang benar-benar enak, harganya juga amat murah.

Tetapi di balik harganya yang murah sekali nyatanya tempe justru menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi. Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi tempe yang wajib Anda ketahui.

1. Tempe bisa meningkatkan imun tubuh

Di masa pandemi seperti sekarang menjaga imun tubuh tentunya amat perlu dilakukan. Guna menambah imun, orang-orang juga berlomba-lomba untuk mengkonsumsi beberapa multivitamin yang mahal harganya. Tetapi nyatanya mengkonsumsi tempe pun dapat menunjang tubuh untuk menaikkan sistem imun.

Kandungan gizi tempe yang dapat menaikkan imun terdapat banyak sekali. Tempe merupakan sumber protein, terutama protein nabati. Protein ini berfungsi amat penting untuk pembuatan antibodi yang berfungsi utama untuk melawan virus dan bakteri.

Dalam 50 gram tempe, ada 6 gram protein. Jadi memang jumlahnya cukup banyak. Tidak cuma

kandungan protein nabatinya yang lumayan banyak, tetapi tempe pun mengandung vitamin dan mineral lainnya untuk menunjang sistem imun. Salah satu diantaranya adalah vitamin B12 yang umumnya terkandung dalam protein hewani, tetapi terkandung juga dalam tempe.

Dalam tempe pun terkandung kalsium, fosfor dan tiamin, yang berfungsi untuk menaikkan imun tubuh. Tidak cuma itu, tempe pun mengandung antioksidan seperti tokoferol, flavonoid, dan  isoflavon.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Kebaikan tempe tidak berhenti hingga di siru. Pasalnya tempe pun mengandung bakteri baik yang disebut probiotik. Probiotik merupakan bakteri baik yang berguna bagi kesehatan tubuh, terutama untuk melindungi kesehatan pencernaan.

Walau probiotik lebih berguna untuk kesehatan pencernaan, tetapi ternyata masih berkaitan dengan imun tubuh. Bila sistem pencernaan sehat, maka hal itu pun dapat menjadikan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih sehat dan baik.

3. Manfaat tempe untuk anak-anak dan ibu hamil

Anak-anak dan ibu hamil boleh dan aman mengkonsumsi tempe. Malah tempe dapat diberikan untuk bayi yang baru mengawali MPASI. Tempe dapat dijadikan alternatif sumber protein nabati.

Kandungan tempe pun dapat untuk melindungi kesehatan pencernaan anak-anak dan balita dengan kandungan probiotiknya. Tidak cuma itu, antioksidan dan beberapa mineral dan vitamin dalam tempe pun bagus untuk tumbuhkembangnya anak. Kandungan vitamin B12 bagus untuk menghindari anemia pada anak dan meningkatkan asupan kalsium bagi kesehatan tulang.

Sementara itu pada ibu hamil, tempe bagus dimakan sebab salah satu kandungannya ialah serat. Sebagian besar ibu hamil bisa jadi kerap mengalami konstipasi lantaran konsumsi suplemen dan perubahan metabolisme selama hamil. Nyatanya mengkonsumsi tempe dapat menurunkan risiko itu.

Cara menyimpan tempe yang benar

Tempe mempunyai daya simpan yang terbatas. Hal ini disebabkan tempe dapat mudah membusuk akibat terjadi proses fermentasi. Hasil dari sebuah riset membuktikan bahwa penyimpanan tempe paling baik berada pada suhu 5 derajat Celcius.

Durasi waktu penyimpanan pada suhu 5 derajat Celcius mencapai 13 hari, pada suhu 15 derajat Celcius sebanyak 5 hari, serta penyimpanan tempe pada suhu ruangan cuma dapat bertahan selama 2 hari. Pada suhu 5 derajat Celcius berarti disimpan di dalam kulkas bagian bawah. Tidak boleh dicampur dengan makanan yang memiliki aroma tajam.

Itulah beberapa manfaat mengkonsumsi tempe yang nyatanya menakjubkan di balik harganya yang terjangkau sekali. Tetapi, walau tempe mempunyai manfaat yang baik, tetaplah mesti dibarengi dengan mengkonsumsi gizi seimbang. Hasil penelitian mengenai tempe yang menaikkan imunitas telah banyak dilakukan dan terbukti secara ilmiah. Itulah sebabnya kita mesti bangga dan sering-seringlah mengkonsumsi bahan pangan lokal seperti tempe ini.

Leave a Reply

Top